Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

NUS Tawarkan Mata Kuliah "Online" Gratis Mulai 2014

nus, universitas nasional singapura, mata kuliah online gratis, coursera, materi kuliah terbuka internet

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 456

Universitas Nasional Singapura (NUS) mulai awal 2014 menawarkan sejumlah mata kuliah "online" gratis bekerja sama dengan Coursera, situs penyedia materi kuliah terbuka di internet.

Menurut laporan Straits Times Online yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis, pada tahap awal, universitas terbaik di Asia Tenggara itu menawarkan dua mata kuliah yang dapat diakses publik secara gratis itu.

Kedua mata kuliah itu adalah "Unpredictable? Randomness, Chance and Free Will" (Tak Dapat Diperkirakan? Pengacakan, Peluang dan Pilihan Bebas) dan "Write Like Mozart: An Introduction to Classical Music Composition" (Menulis Seperti Mozart: Pengantar untuk Komposisi Musik Klasik".

Mengutip keterangan NUS, Straits Times menyebutkan kedua mata kuliah yang akan diasuh Profesor Valerio Scarani dari Pusat Kajian Teknologi Kuantum dan Assosiat Profesor Peter Ivan Edwards dari Konservatorium Musik Yong Siew Toh itu akan diberikan selama enam sampai delapan minggu dimana setiap sesinya berlangsung dari satu setengah hingga tiga jam.

Dalam konteks Indonesia, perihal pengembangan sistem pengajaran online telah pun pernah disinggung Wakil Presiden Boediono saat berbicara di Konvensi Kampus Kesembilan dan Temu Tahunan Ke-15 Forum Rektor Indonesia di Semarang 18 Januari lalu.

Saat itu, Wapres Boediono bahkan meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menyusun cetak biru pengembangan sistem pengajaran online berbahasa Indonesia yang dapat diakses dan dimanfaatkan semua universitas dan para mahasiswanya di Tanah Air dengan biaya minimal. (ant/ed)

KPAI Dorong Pemidanaan Pelaku Perzinaan

Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Asrorun Niam Sholeh mendorong upaya pemidanaan pelaku perzinaan dan pencabulan, termasuk sesama jenis.

Penyandang Disabilitas Gunung Kidul Belum Menerima Haknya

Penyandang disabilitas di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih belum menerima haknya sebagai warga negara, salah satu program yakni jaminan kesehatan dari pemerintah.

Bawa Bekal Sekolah Asah Kreativitas Orang Tua

Membawa bekal ke sekolah tak hanya memastikan anak mendapatkan makanan yang higienis tetapi juga mengasah kreativitas orang tua dalam menyajikan makanan pada anak, demikian dikatakan Manajer Pemasaran PT Thermos Indonesia Andriani Melissa.

Penggemar Burung Kicau

Sejumlah calon pembeli sedang mengamati beragam jenis burung di salah satu pasar burung di Cibinong, Kabupaten Bogor.

Farhan Siki Siapkan Karya Ikuti Artissima 2016

Perupa mural Farhan Siki sedang mempersiapkan karya untuk mengikuti proyek Artissima 2016 yang digelar di Torino, Italia, pada November.