Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

NUS Tawarkan Mata Kuliah "Online" Gratis Mulai 2014

nus, universitas nasional singapura, mata kuliah online gratis, coursera, materi kuliah terbuka internet

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 456

Universitas Nasional Singapura (NUS) mulai awal 2014 menawarkan sejumlah mata kuliah "online" gratis bekerja sama dengan Coursera, situs penyedia materi kuliah terbuka di internet.

Menurut laporan Straits Times Online yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis, pada tahap awal, universitas terbaik di Asia Tenggara itu menawarkan dua mata kuliah yang dapat diakses publik secara gratis itu.

Kedua mata kuliah itu adalah "Unpredictable? Randomness, Chance and Free Will" (Tak Dapat Diperkirakan? Pengacakan, Peluang dan Pilihan Bebas) dan "Write Like Mozart: An Introduction to Classical Music Composition" (Menulis Seperti Mozart: Pengantar untuk Komposisi Musik Klasik".

Mengutip keterangan NUS, Straits Times menyebutkan kedua mata kuliah yang akan diasuh Profesor Valerio Scarani dari Pusat Kajian Teknologi Kuantum dan Assosiat Profesor Peter Ivan Edwards dari Konservatorium Musik Yong Siew Toh itu akan diberikan selama enam sampai delapan minggu dimana setiap sesinya berlangsung dari satu setengah hingga tiga jam.

Dalam konteks Indonesia, perihal pengembangan sistem pengajaran online telah pun pernah disinggung Wakil Presiden Boediono saat berbicara di Konvensi Kampus Kesembilan dan Temu Tahunan Ke-15 Forum Rektor Indonesia di Semarang 18 Januari lalu.

Saat itu, Wapres Boediono bahkan meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh menyusun cetak biru pengembangan sistem pengajaran online berbahasa Indonesia yang dapat diakses dan dimanfaatkan semua universitas dan para mahasiswanya di Tanah Air dengan biaya minimal. (ant/ed)

WHO: Dunia Tidak Boleh Lewatkan Tanda Awal Setiap Wabah Flu

Badan Kesehatan Dunia (WHO), Senin, menyeru semua negara memantau dengan saksama penyebaran virus flu unggas, yang mematikan pada unggas dan hewan ternak, serta segera melaporkan setiap paparan pada manusia, yang menunjukkan tanda awal wabah flu.

Perampok Gasak Harta Warga Bekasi Rp400 Juta

Pelaku perampokan menggasak harta senilai total Rp400 juta dari sebuah rumah mewah di Perumahan Grand Galaxy City, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/1).

AirAsia X Dapatkan Izin Terbang Ke Amerika Serikat

AirAsia X telah mendapatkan izin dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk mengoperasikan penerbangan ke Amerika Serikat.

Emirates Gagal Terbang Di Bandara Ngurah Rai

Pesawat Emitares Airilines gagal terbang di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, karena ban bagian belakang pesawat itu pecah saat bersiap tinggal landas sehingga kembali ke apron sekitar pukul 00.

Pelindo Akui Kuala Tanjung Blum Jadi 'Hub'

Direktur Utama PT Pelindo I (Persero) Bambang Eka Cahyana mengakui Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara memang belum bisa menjadi pelabuhan pengumpul (hub) karena masih dalam tahap pengembangan.