Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

3 Badan Usaha Pemerintah Digabung

menteri bumn, dahlan iskan, penggabungan

Posted on 19 Feb 2013. Hits : 521

Menteri BUMN Dahlan Iskan memberi lampu hijau kepada Perum LKBN Antara untuk mengakuisisi PT Balai Pustaka dan Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI).

"Penggabungan usaha Antara dengan Balai Pustaka dan PNRI diharapkan dapat diselesaikan pada tahun 2013 ini," kata Dahlan, usai menggelar Rapat Pimpinan di Kantor Perum Antara, Jakarta, Selasa.

Menurut Dahlan, dengan akuisisi tersebut maka Antara bisa mempunyai grup atau unit bisnis tersendiri sehingga ketergantungan terhadap dana "public service obligation" (PSO) bisa dikurangi atau dihilangkan sama sekali.

"Kita berhadap Antara, termasuk BUMN lainnya yang selama ini menjalankan fungsi PSO tidak lagi mengandalkan dana tersebut. Harus ada terobosan bisnis baru," kata Dahlan.

Ia menambahkan, Balai Pustaka diakuisisi dengan mengalihkan aset yang bersifat heritage dan non heritage dialihkan (diinbrengkan) kepada Antara, agar bisa keluar kesulitan berkompetisi dalam pasar yang semakin kompetitif.

Menurut Dahlan, untuk merealisasikan akuisisi tersebut terlebih dahulu Balai Pustaka menghilangkan posisi keuangan yang negatif saat ini dengan cara menjual aset untuk menutupi defisit.

Sementara itu, dengan mengakuisisi PNRI, maka Antara bisa mendapat dukungan keuangan dari bisnis komersial perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha percetakan ini.

"Ketika perekonomian negara sudah semakin maju yang ditandai dengan berkembangnya perusahaan swasta, maka PNRI tidak lagi dianggap strategis karena sudah bisa dilakukan oleh swasta," tegasnya.

Meski demikian, ujar mantan Dirut PLN ini, kondisi keuangan PNRI masih cukup bagus dalam kategori positif.

"PNRI sudah memiliki bisnis yang bagus, namun diharapkan bisa lebih berkembang lagi jika mendapat dukungan dari Antara," ujar Dahlan.

Untuk mempermudah proses akuisisi PNRI, ditambahkan Dahlan, seorang direksi Antara akan ditempatkan menjadi Dirut pada PNRI.

"Penetapan seorang direksi Antara di PNRI untuk mempermudah penyatuan kedua perusahaan itu," ujarnya. (bn/ant)

Penurunan Tarif Interkoneksi Untuk Kepentingan Konsumen

Operator seluler PT XL Axiata Tbk (XL) mendukung Kementerian Kominfo menurunkan tarif interkoneksi yang mulai berlaku 1 September 2016, demi kepentingan masyarakat pengguna telekomunikasi, pemerintah dan industri.

Dana Tebusan Amnesti Pajak Capai Rp46 Miliar

Dana tebusan program amnesti pajak wilayah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung telah menembus Rp46 miliar sejak resmi diluncurkan pemerintah 1 Juli 2016, dengan 656 surat pernyataan harga.

PGN Raih Laba Bersih Rp2 Triliun

PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) meraih laba bersih pada semester pertama 2016 sebesar 152 juta dolar AS atau sekitar Rp2 triliun.

Kanada Ajukan Permohonan Keanggotaan AIIB

Kanada telah memutuskan untuk mengajukan permohonan keanggotaan Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB), Menteri Keuangan Kanada Bill Morneau mengumumkan pada konferensi pers di Beijing, Rabu.

Presiden Jokowi Minta Perumusan Strategi Kebudayaan Nasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta segera ada perumusan strategi kebudayaan nasional yang memayungi seluruh sektor di Tanah Air.