Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Bandara Bengkulu Menjadi Pusat Penerbangan Domestik Sumatera

bandara bengkulu, penerbangan domestik, sumatera

Posted on 18 Jan 2013. Hits : 372

Bandar udara Fatmawati Soekarno Bengkulu menjadi pusat penerbangan domestik Sumatra, dan sejak 2012 serta 2013 melayani beberapa daerah baru.

"Rute penerbangan baru yang dilayani pada 2013 antara lain Bengkulu-Krui-Lampung, setelah sebelumnya melayani Bengkulu-Muarabungo-Jambi," kata Kepala Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu Samsul Banri, Jumat.

Untuk penerbangan Bengkulu-Mukomuko sudah berjalan lancar, sedangkan rute baru Bengkulu-Mukomuko-Padang dan Bengkulu-Lubuklinggau- Palembang izin masih dalam proses dari Kementerian Perhubungan.

Ia mengatakan rute baru Bengkulu-Krui-Lampung akan efektif mulai akhir Januari 2013, sedangkan pesawat yang akan melayani rute itu prusahaannya masih proses tender.

Pesawat yang melayani rute baru tersebut berkapasitas 17-20 orang, dengan harga tiket antara Rp200 ribu hingga Rp300 ribu yang sudah disubsidi pemerintah dengan menggunakan dana APBN.

Penerbangan domestik itu akan memperlancar jasa pelayanan penitipan barang berharga dan produk pertanian dan kelautan secara cepat dari daerah masing-masing tujuan.

Penambahan rute penerbangan tersebut bukan berarti akan mematikan jasa angkutan darat seperti angkutan travel dan bus umum, tapi bisa mempercepat tujuan masyarakat yang berkepentingan baik pribadi maupun secara dinas, ujarnya.

Seorang pengusaha angkutan travel di Bengkulu Mulyadi mengatakan, penambahan rute transportasi udara itu akan berdampak pada usaha mereka.

"Terlebih apabila ongkosnya sama dengan angkutan travel, semua orang akan naik pesawat, mestinya pihak pemerintah bisa mengatasinya dengan harga tiket lebih tinggi dari biaya travel," ujarnya.(ant/id)

Dua Daerah DIY Percontohan Kemiskinan Nasional

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan sebanyak dua daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi daerah percontohan bagi program pengentasan kemiskinan pemerintah.

Kekhasan Taman Nasional Daya Tarik Wisata

Pakar pelestarian lingkungan hidup dari Amerika, Shane Barrow, memberikan komentar dan penilaiannya terkait keadaan taman nasional yang ada di Indonesia.

Pemerintah Perkuat Transmigrasi Untuk Kurangi Impor Pangan

Pemerintah segera memperkuat dan menggalakkan kembali program transmigrasi untuk mengurangi ketergantungan impor pangan, kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Penyaluran KIP Belum Tuntas

Penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) belum juga tuntas meskipun batas waktu penyaluran akan berakhir di akhir September.

BNPB-MIT Kembangkan Peta Bencana Berbasis Media Sosial

Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Urban Risk Lab Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat, mengembangkan peta bencana berbasis media sosial.