Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Harga Beras Stabil di Awal Tahun 2013

harga beras, bandarlampung, bulog, op, operasi pasar

Posted on 04 Jan 2013. Hits : 1365

Sejumlah pedagang beras menyebutkan harga beras di Bandarlampung masih stabil di awal tahun 2013, dan pasokannya tetap lancar meski seluruh wilayah Lampung dilanda musim hujan belakangan ini.

"Meski kondisi cuaca hujan sehingga menghambat pengeringan gabah, namun harga beras masih bertahan seperti akhir tahun lalu dan pasokannya tetap lancar," kata Rodjie, salah satu pedagang beras di Pasar Tugu Bandarlampung, Jumat.

Ia menyebutkan harga beras asalan berkisar Rp7.800-Rp8.000/kg, kecuali beras OP Bulog Rp7.500/kg. Harga beras kualitas sedang berkisar Rp8.500-Rp9.500/kg, dan beras premium di atas Rp10.000/kg.

Menurut dia, volume penjualan beras juga tidak mengalami peningkatan atau sama seperti Desember tahun lalu, dan pasokannya melimpah.

"Stok beras juga melimpah, apalagi kini digelar OP beras Bulog. Tidak sulit mendapatkan beras dari penggilingan," katanya.

Para pedagang lainnya juga menyebutkan stok beras cukup banyak tersedia dan harganya relatif stabil seperti akhir tahun 2012.

Sementara itu, beras Bulog yang dijual melalui Operasi Pasar (OP) kurang diminati warga karena harganya tidak berbeda jauh dengan harga beras yang dijual para pedagang setempat.

"Kami menjual beras OP, juga beras produksi Lampung. Karena disparitas harganya tipis, banyak konsumen lebih suka memilih beras asalan lokal daripada beras OP itu," kata Rodjie.

Ia menyebutkan pihaknya tetap menawarkan beras OP kepada pembeli.

"Mereka hanya membeli beberapa kilogram saja beras OP, tetap lebih suka membeli beras lokal," katanya.

Namun, ia menyebutkan OP beras Bulog itu berperan besar untuk menahan laju kenaikan harga beras di Lampung, terutama saat kondisi cuaca hujan seperti sekarang.

Saat cuaca berhujan, petani dan penggilingan sulit mengeringkan gabah, karena umumnya gabah masih dikeringkan menggunakan terik matahari.

Ia juga menyebutkan OP beras Bulog itu juga mendorong penggilingan untuk segera menjual berasnya ke pasar agar pangsa pasarnya tidak tergerus beras Bulog.

"OP beras Bulog ini mengungutungkan masyarakat, meski yang membelinya masih sedikit dibandingkan beras lokal lainnya," katanya. (ant/ed)

Panasonic Gobel Perluas Pemasaran ke Papua

PT Panasonic Gobel Indonesia memperluas jaringan bisnis dan pasar elektroniknya hingga Kota Jayapura, Provinsi Papua, dengan membuka kantor perwakilan serta menyediakan fasilitas layanan purna jual atau service center.

Kampung Digital UMKM Medan Diresmikan

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin, meresmikan Kampung Digital UMKM di Jalan Jamin Ginting yang digagas untuk membantu pengembangan pengusaha kecil di daerah itu.

Riset: Bisnis Sewa Ruang Kantor Masih Lesu

Survei PT Savills Consultant Indonesia terhadap perkembangan properti semester I 2016 menunjukkan ruang kosong sektor perkantoran di Jakarta masih tinggi sebagai akibat perlambatan ekonomi global.

Pengoperasian Alat Bongkar Muat Menggunakan Listrik

Pengoperasian alat bongkar muat yang dioperatori "Electric Middle Voltage" PT Terminal Petikemas Surabaya Tanjung Perak, Jawa Timur, kini menggunakan listrik sebagai solusi untuk efisiensi tenaga di kawasan itu.

Dinsosnakertras Mendirikan Kantor Satu Atap Untuk TKI

Dinsosnakertras Cianjur, Jabar, melakukan perbaikan tata kelola pelayanan untuk Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Cianjur, dengan mendirikan kantor satu atap, dimana semua pelayanan untuk calon TKI dilakukan disatu kantor.