Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Hunian Hotel Bintang Sulteng Turun 3,12 Persen

sulawesi tengah, riau, amerika, eropa, hunian

Posted on 05 Dec 2012. Hits : 414

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat hunian kamar hotel bintang di Sulawesi Tengah selama Oktober 2012 sebesar 57,14 persen, turun 3,12 persen dibanding bulan sebelumnya yang mencapai 60,14 persen.

Kepala BPS Sulawesi Tengah, Ibram Syahboedin di Palu, Rabu, mengatakan, turunnya tingkat hunian hotel itu, seiring berkurangnya kunjungan wisatawan ke provinsi beribu Kota Palu ini.

Selama Oktober 2012, kunjungan wisatawan ke Sulawesi Tengah mencapai 3.778 orang, sementara pada September 2012 sebanyak 3.832 orang.

Sementara itu, tingkat hunian hotel melati naik sebesar 3,94 persen, dibandingkan bulan sebelumnya.

"Bisa saja masyarakat lebih memilih hotel melati karena tarifnya lebih murah," ujar Ibram.

Lebih lanjut Ibram menyebutkan, tingkat hunian tempat tidur hotel selama Oktober 2012 sebesar 30,71 persen, atau naik tipis 1,53 persen dibanding bulan sebelumnya.

Sedangkan rata-rata lama tamu menginap di hotel selama Oktober 2012 sebesar 1,65 hari, naik sebesar 0,22 hari dibanding bulan sebelumnya.

Saat ini pengunjung hotel tidak hanya untuk menginap melainkan untuk melakukan sejumlah kegiatan seperti seminar, rapat, lokakarya atau pertemuan lainnya.

BPS juga mencatat jumlah wisatawan mancanegara di Sulawesi Tengah pada Oktober 2012 sebanyak 324 orang yang terdiri dari warga Asia (261 orang), disusul oleh warga Amerika (36 orang), warga Eropa (25 orang), dan warga Oceania (dua orang).

Jumlah hotel berbintang di Sulawesi Tengah sebanyak lima buah, dan sejumlah hotel berbintang lainnya sedang tahap pembangunan.(ant/ev)

WHO: Dunia Tidak Boleh Lewatkan Tanda Awal Setiap Wabah Flu

Badan Kesehatan Dunia (WHO), Senin, menyeru semua negara memantau dengan saksama penyebaran virus flu unggas, yang mematikan pada unggas dan hewan ternak, serta segera melaporkan setiap paparan pada manusia, yang menunjukkan tanda awal wabah flu.

Perampok Gasak Harta Warga Bekasi Rp400 Juta

Pelaku perampokan menggasak harta senilai total Rp400 juta dari sebuah rumah mewah di Perumahan Grand Galaxy City, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/1).

AirAsia X Dapatkan Izin Terbang Ke Amerika Serikat

AirAsia X telah mendapatkan izin dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk mengoperasikan penerbangan ke Amerika Serikat.

Emirates Gagal Terbang Di Bandara Ngurah Rai

Pesawat Emitares Airilines gagal terbang di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, karena ban bagian belakang pesawat itu pecah saat bersiap tinggal landas sehingga kembali ke apron sekitar pukul 00.

Pelindo Akui Kuala Tanjung Blum Jadi 'Hub'

Direktur Utama PT Pelindo I (Persero) Bambang Eka Cahyana mengakui Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara memang belum bisa menjadi pelabuhan pengumpul (hub) karena masih dalam tahap pengembangan.