Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Jalan Trans Pulau Taliabu Tetap Dikerjakan Bertahap

maluku, ternate, dprd, hotmiks

Posted on 18 Dec 2012. Hits : 1115

Perbaikan jalan trans Pulau Taliabu dari Bobong sampai Sahu di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut), mulai dikerjakan, menyusul pembangunan Bandara Sahu terus dilakukan dan sudah memasuki tahap pembangunan sejumlah fasilitas infrastrukturnya.

Ketua DPRD Kepsul Hi. Zainal Mus mengatakan di Ternate, Selasa, saat ini pembangunan jalan ke arah Bandara Sahu sepanjang 80 kilometer dengan menggunakan roda dua.

Ruas jalan yang rencananya akan diperlebar menjadi 18 meter itu, memang masih mengalami kerusakan, terutama sejumlah jalan yang becek, selokan air dan kali hidup yang berdiameter 8 meter dan 2-3 meter.

Bahkan ruas jalan yang dinilai cukup parah dari Bobong sampai Sahu itu terdapat di di wilayah Keramat, Beringinjaya, Nggele dan Lede serta Todoli. Di mana jalan ini baru bisa dilalui roda dua dengan jalan yang penuh batu, becek serta jurang.

"Tujuan kita melakukan perjalan melalui darat ini untuk mengetahui berapa besar kerusakan jalan dari bobong ke Sahu," kata Zainal Mus.

Dengan demikian, kata Zainal Mus, sejumlah kerusakan telah diketahui dan untuk perbaikan itu sudah bisa diprediksi berapa besar anggaran yang akan dihabiskan oleh pemerintah daerah dalam perbaikan jalan di pulau Taliabu.

"Memang untuk membuat jalan trans Pulau Taliabu itu akan memakan biaya miliaran rupiah dan ini kita harus usahakan," katanya.

Namun langkah awal untuk jalan trans Taliabu ini, akan dilakukan hotmiks terlebih dahulu, sambil menutup sejumlah becek, jurang dan kali-kali mati yang disebabkan oleh banjir saat hujan.

Oleh karena itu, mereka akan membuat jalan darurat dan langsung di hotmiks agar bisa kendaraan roda dua dan empat bisa leluasan berjalan dari Bobong sampai Jorjoga.

Dia juga mengaku kalau di APBD-P 2012 ini, anggaran untuk pembuatan jalan di Pulau Taliabu memang telah dianggarkan oleh pemerintah dan disetujui DPRD Kepsul.

Namun, untuk sebagai wujud apresiasi atas terbentuknya kabupaten Pulau Taliabu, sejumlah perusahan saling membantu untuk membuka jalan terlebih dahulu, agar supaya anggaran itu bisa dipergunakan seefektif mungkin, ujarnya.(ant/ev)

Israel Cabut Pembatasan Pembangunan Pemukiman Di Yerusalem Timur

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan Minggu, mengatakan kepada para menteri senior bahwa dia akan mencabut pembatasan pembangunan permukiman di Yerusalem Timur, segera setelah pemerintah kota itu menyetujui izin untuk membangun ratusan rumah baru di daerah tersebut.

Fadli Zon Tak Ingn Senen Jadi Mall

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meninjau dampak kebakaran yang melanda Pasar Senen beberapa waktu lalu dan mengharapkan kawasan tersebut tidak beralih fungsi menjadi mal atau apartemen.

Panja Sertifikasi Guru DPR Targetkan Hasilkan Keputusan

Panitia Kerja Serifikasi Guru dan Inpassing Komisi VIII DPR RI sedang melakukan penyusunan program kerja dan menargetkan selesai pada masa persidangan IV dengan menghasilkan keputusan untuk segera diselesaikan.

Kepolisian Jerman Tahan Pria diduga Rencanakan Serangan

Kepolisian Jerman pada Minggu mengatakan menahan seorang pria berusia 21 tahun, yang diduga merencanakan serangan dan menghubungkannya dengan kejadian di Wina, Austria.

Kapolda: Cukup Tiga Kali Ketuk 'Panic Botton'

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan masyarakat cukup tiga kali mengetuk "Panic Botton" jika mengalami atau mendapati tindak kejahatan di sekitarnya.