Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Meski Penyeberangan Sepi, ASDP Tetap Operasikan 28 Kapal

asdp, penyebarangan kapal, bakauheni, lampung selatang, merak

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 514

PT ASDP Indonesia Ferry menyebutkan pihaknya tetap mengoperasikan 28 kapal feri untuk menyeberangkan penumpang, barang, dan kendaraan dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya meski arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dan Merak agak lengang belakangan ini.

"Arus penyeberangan sekarang lancar. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan di areal pelabuhan. Waktu tempuh pelayaran kapal juga sesuai target karena kondisi cuaca juga cukup baik," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Waktu tempuh pelayaran rute Bakauhenu-Merak berkisar 2-2,5 jam.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan utama yang menghubungkan Sumatera dan Jawa. Dengan demikian, hampir seluruh barang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dikirimkan melalui kedua pelabuhan penyeberangan itu.

Menurut Heru, kenaikan harga sejumlah komoditas asal Jawa di Sumatera tidak ada kaitannya dengan faktor penyeberangan karena tidak ada antrean panjang kendaraan di Bakauheni dan Merak.

Dalam seminggu hari terakhir, harga bawang di Lampung terus melambung, dan sekarang harga bawang merah telah mencapai Rp60.000 per kilogram dan bawang putih Rp55.000/kg. Pasokan kedua komoditas itu didatangkan dari Jawa dengan menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan Merak dan Banten.

Selain itu, kata Heru, juga arus pengiriman barang nonsembako dari Sumatera ke Jawa juga berkurang belakangan ini. Hal itu terlihat dari tidak adanya antrean panjang truk barang di Bakauheni. (ant/as)

Ahmad Hijazi Diangkat Sebagai Sekda Riau

Presiden RI Joko Widodo menetapkan Ahmad Hijazi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Riau melalui Keputusan Presiden (kepres) nomor 73/TPA Tahun 2016 tentang Pengangkatan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Kelompok Tani Alami Krisis

Para petani sawah lahan pasang surut di Lahimbua, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengharapkan bantuan pemerintah setempat maupun pemerintah pusat untuk mengolah lahan mereka.

Perambahan Liar Akibatkan Krisis Air

Yayasan Kanopi Bengkulu menyatakan kerusakan hutan lindung Bukit Daun akibat perambahan liar di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, yang mencapai 3.

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Merangkak Naik

Harga sapi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melonjak signifikan antara Rp1 juta hingga Rp5 juta dua minggu setelah Lebaran 2016.

Menjadi Tren Dunia, Wisata Kuliner Akan Hadir di Pulau Dewata

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Denpasar ingin menggarap wisata gastronomi atau wisata kuliner yang potensial di Ibu Kota Provinsi Bali itu.