Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Meski Penyeberangan Sepi, ASDP Tetap Operasikan 28 Kapal

asdp, penyebarangan kapal, bakauheni, lampung selatang, merak

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 514

PT ASDP Indonesia Ferry menyebutkan pihaknya tetap mengoperasikan 28 kapal feri untuk menyeberangkan penumpang, barang, dan kendaraan dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya meski arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dan Merak agak lengang belakangan ini.

"Arus penyeberangan sekarang lancar. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan di areal pelabuhan. Waktu tempuh pelayaran kapal juga sesuai target karena kondisi cuaca juga cukup baik," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Waktu tempuh pelayaran rute Bakauhenu-Merak berkisar 2-2,5 jam.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan utama yang menghubungkan Sumatera dan Jawa. Dengan demikian, hampir seluruh barang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dikirimkan melalui kedua pelabuhan penyeberangan itu.

Menurut Heru, kenaikan harga sejumlah komoditas asal Jawa di Sumatera tidak ada kaitannya dengan faktor penyeberangan karena tidak ada antrean panjang kendaraan di Bakauheni dan Merak.

Dalam seminggu hari terakhir, harga bawang di Lampung terus melambung, dan sekarang harga bawang merah telah mencapai Rp60.000 per kilogram dan bawang putih Rp55.000/kg. Pasokan kedua komoditas itu didatangkan dari Jawa dengan menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan Merak dan Banten.

Selain itu, kata Heru, juga arus pengiriman barang nonsembako dari Sumatera ke Jawa juga berkurang belakangan ini. Hal itu terlihat dari tidak adanya antrean panjang truk barang di Bakauheni. (ant/as)

Sleman Kukuhkan Brajan Sebagai Sentra Kerajinan Bambu

Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengukuhkan Dusun Brajan, Sendangagung, Kecamatan Minggir, sebagai sentra industri kerajinan bambu.

Harga Bahan Makanan Tinggi Saat Stabilnya Inflasi

Harga kelompok "volatile food" atau bahan makanan tercatat masih cukup tinggi di tengah stabilnya inflasi kelompok inti di Manado Ibu kota Provinsi Sulawesi Utara.

Indonesia Dorong Kemitraan Liga Arab Lebih Berkembang

Pemerintah Indonesia mendorong kemitraan dengan negara-negara yang tergabung dalam Liga Arab lebih berkembang pada bidang selain perekonomian.

Kadin: Lima Strategi Tingkatkan Ekspor 500 Persen

Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyatakan ada lima strategi untuk mengakselerasi peningkatan ekspor Indonesia sebesar 500 persen pada 2025-2030 dan meningkatkan kinerja ekspor yang tidak lagi bergantung pada sumber daya alam.

Pengusaha Dan Pejabat Sulut Manfaatkan Pengampunan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan Maluku utara (Suluttenggomalut) mengakui bahwa pengusaha besar lokal dan para pejabat turut memanfaatkan "tax amnesty" atau pengampunan pajak.