Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Meski Penyeberangan Sepi, ASDP Tetap Operasikan 28 Kapal

asdp, penyebarangan kapal, bakauheni, lampung selatang, merak

Posted on 15 Mar 2013. Hits : 514

PT ASDP Indonesia Ferry menyebutkan pihaknya tetap mengoperasikan 28 kapal feri untuk menyeberangkan penumpang, barang, dan kendaraan dari Sumatera ke Jawa maupun sebaliknya meski arus penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni dan Merak agak lengang belakangan ini.

"Arus penyeberangan sekarang lancar. Tidak terjadi antrean panjang kendaraan di areal pelabuhan. Waktu tempuh pelayaran kapal juga sesuai target karena kondisi cuaca juga cukup baik," kata Manager Operasi PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Heru Purwanto, di Bakauheni, Lampung Selatan, Jumat.

Waktu tempuh pelayaran rute Bakauhenu-Merak berkisar 2-2,5 jam.

Pelabuhan Merak dan Bakauheni adalah pelabuhan penyeberangan utama yang menghubungkan Sumatera dan Jawa. Dengan demikian, hampir seluruh barang dari Sumatera ke Jawa atau sebaliknya dikirimkan melalui kedua pelabuhan penyeberangan itu.

Menurut Heru, kenaikan harga sejumlah komoditas asal Jawa di Sumatera tidak ada kaitannya dengan faktor penyeberangan karena tidak ada antrean panjang kendaraan di Bakauheni dan Merak.

Dalam seminggu hari terakhir, harga bawang di Lampung terus melambung, dan sekarang harga bawang merah telah mencapai Rp60.000 per kilogram dan bawang putih Rp55.000/kg. Pasokan kedua komoditas itu didatangkan dari Jawa dengan menggunakan jasa pelabuhan penyeberangan Merak dan Banten.

Selain itu, kata Heru, juga arus pengiriman barang nonsembako dari Sumatera ke Jawa juga berkurang belakangan ini. Hal itu terlihat dari tidak adanya antrean panjang truk barang di Bakauheni. (ant/as)

IPW Ingatkan Perumahan Rakyat Tidak Hanya Insentif

Indonesia Property Watch mengingatkan pengembangan perumahan rakyat di berbagai daerah tidak hanya terkait insentif tetapi harus dipikirkan aspek penting lainnya seperti ketersediaan tanah.

Paket Wisata 'Pokemon Go' Dijual Di Yogyakarta

Paket wisata menangkap monster dengan aplikasi game berbasis augmented-reality yakni Pokemon Go banyak dijual dan dipasarkan oleh biro-biro perjalanan wisata di Yogyakarta.

Operator Terbelah Sikapi Penutunan Tarif Interkoneksi

Para operator telekomunikasi berbeda pandangan dalam menyikapi rencana penurunan tarif interkoneksi (lintas operator) yang akan ditetapkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika pada 1 September 2016.

Pertamina Teken Kontrak Blok East Natuna September

PT Pertamina (Persero) akan menandatangani kontrak bagi hasil (production sharing contract) untuk Blok East Natuna pada September.

Pelindo: Pelabuhan Berperan Besar Tingkatkan Perekonomian Nasional

Pelabuhan memiliki peranan yang cukup besar dalam meningkatkan perekonomian nasional, mengingat Indonesia sebagai negara kepulauan dan maritim, tapi tidak semua masyarakat paham tentang kepelabuhanan.