Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Penuhi Suku Cadang Esemka Perlu Alih Teknologi

pt solo manufaktur kreasi, mobil esemka, alih teknologi, fx hadi rudyatmo

Posted on 03 Jun 2013. Hits : 355

Manajemen PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang menangani mobil Esemka perlu melakukan alih teknologi, dalam rangka mengantisipasi kebutuhan sebagian suku cadang pembuatan mobil tersebut.

'Bagian-bagian seperti Electronic Control Unit (ECU), ring piston dan dinamo stater memang masih diimpor dari China. Makanya, alih teknologi itu diperlukan sehingga ke depan sparepart Esemka sepenuhnya dipenuhi dari UKM di dalam negeri,' kata Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo kepada pers di Solo, Senin.

Ia mengatakan, penyediaan seluruh komponen dari dalam negeri tersebut idealnya bisa dilakukan dalam dua tahun mendatang. 'Dengan alih teknologi, saya yakin lama-lama penyediaan suku cadang bisa dipenuhi dengan mudah.' Dikatakan, kendati demikian, pihaknya tidak berwenang untuk mencampuri pengelolaan PT SMK, termasuk persoalan ketersediaan suku cadang dan mundurnya UKM rekanan PT SMK.

'Tugas saya hanya memperjuangkan agar Esemka lulus uji emisi dan mengusulkan perbaikan teknis terhadap prototype Esemka. Saat ini, seluruh pengelolaan berada di bawah kendali PT SMK,' kata FX Hadi Rudyatmo.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pelaku UKM yang menjadi rekanan PT SMK mengundurkan diri dari kerja sama produksi mobil tersebut. Direktur PT SMK, Sulistyo Rabono mengungkapkan, mundurnya UKM tersebut turut mempengaruhi molornya waktu produksi dari jadwal semula.(ant/rd)

40 Pemain Dipanggil Seleksi Timnas Indonesia U-19

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi merilis 40 nama pemain yang dipanggil untuk menjalani seleksi untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 yang akan turun pada kejuaraan Piala AFF 2016 di Vietnam, 11-24 September.

Dua kapal Asing Ditangkap di Anambas

Patroli gabungan Ditpolair Polda Kepri dan Ditpolair Baharkam Mabes Polri mengamankan dua kapal berbendera asing yang tengah mencuri ikan di perairan Kepulauan Anambas.

Proses Hukum Istri Santoso Jalan Terus

Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Tito Karnavian menyatakan proses hukum terhadap istri kedua teroris Santoso terus berlanjut.

Calon Paskibraka Jalani Tes di Mabes TNI

Proses seleksi penerimaan calon pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibra) yang akan bertugas di Istana Negara pada peringatan HUT RI terus berjalan dan saat ini 136 pemuda terpilih menjalani tes di Mabes TNI.

Kereta Api Padang-Padang Panjang Terkendala Ketersediaan Lokomotif

Pengembangan kereta api dari Padang menuju Padang Panjang terancam tidak dapat dilaksanakan karena lokomotif yang bisa melaju pada rel bergerigi ditanjakan Silaiang, sebelum masuk Padang Panjang, sudah tidak diproduksi lagi.