Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PLN Deklarasikan PLN Bersih

pln, perusahaan listrik negara, bumn

Posted on 21 Dec 2012. Hits : 250

PT PLN Persero berkomitmen menjadi perusahaan yang efisien dan bersih dari korupsi, sebab BUMN kelistrikan ini memegang peranan strategis sebagai penyedia tunggal energi listrik di Tanah Air.

Sekjen Transparency International-Indonesia (TI Indonesia) Natalia Soebagjo menuturkan, dua aspek yang perlu dibenahi di tubuh PLN adalah sistem pengadaan barang dan jasa, serta pelayanan terhadap masyarakat.

"Dua aspek tersebut selama ini masih menghadapi banyak persoalan," tutur Natalia dalam sambutannya pada acara 'Deklarasi PLN Bersih', di kantor pusat PLN, Jakarta, Jumat.

Ia menuturkan, pengadaan barang dan jasa di PLN masih terindikasi rentan terhadap hal-hal yang masuk dalam kategori korupsi, seperti suap, gratifikasi, konflik kepentingan. Sementara pelayanan PLN terhadap masyarakat juga masih sering dikeluhkan kurang responsif.

"Oleh sebab itu, untuk memperbaiki dua aspek ini, maka Februari lalu PLN memulai kerja sama dengan TI Indonesia. TI-Indonesia dalam kesepakatan ini berkomitmen untuk melakukan fasilitas dalam perbaikan dua aspek tersebut," paparnya.

Menurut Natalia, sebagai komitmen terhadap prinsip independensi, maka TI-Indonesia tidak mendapatkan pendanaan apapun dari PLN. Sebagai salah sau strategi TI-Indonesia dalam memperbaiki proses pengadaan barang dan jasa, diperkenalkan pada PLN mode "collective action againts corruption".

"Model ini dikembangkan oleh beberapa lembaga seperti Transparency International, CIPE, SIEMENS, World Bank Institute," terangnya.

Asumsi dasar dari konsep "collective action" ini adalah korupsi tidak pernah dilakukan sendirian, sehingga untuk melawannya dibutuhkan usaha bersama.

"'Collection action initiative' adalah sebuah mekanisme kesepakatan bersama yang dilaksanakan sekelompok pelaku usaha untuk menolak segala aspek penyuapan, gratifikasi, 'kick-back' dalam praktik bisnis mereka," paparnya.

Ia mengharapkan, PLN akan menjadi contoh bagi perusahaan BUMN di Indonesia untuk berkomitmen menjadi perusahaan yang bersih.

Untuk menegaskan komitmen bebas korupsi, PLN bersama dengan para vendornya melakukan penandatanganan dokumen deklarasi. Penandatanganan ini merupakan langkah awal bagi PLN dan vendor untuk berkomitmen menjalankan bisnis yang bersih.

"Untuk itu, PLN difasilitasi oleh TI Indonesia akan terus mengawal komitmen ini dengan mengintensifkan pertemuan antara para pihak untuk menyepakati langkah-langkah dalam kesepakatan tersebut," tegasnya. (ant/as)

Turki Segera Selesaikan Berkas Ekstradisi Fethullah Gulen

Turki diperkirakan dalam 10 hari sudah selesai menyiapkan berkas untuk meminta Amerika Serikat mengekstradisi ulama Fethullah Gulen, yang dituding Ankara sebagai otak percobaan kudeta di Turki, kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, Sabtu.

Standard Chartered Resmikan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak

Bank Standard Chartered Indonesia menghadirkan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak pertama di Indonesia Timur yang terletak di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin, Makassar, sebagai bagian dari program global tanggung jawab sosial perusahaan "Seeing is Believing.

Pengusaha Tertarik Investasi Industri Buah

Salah seorang pengusaha sukses di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, Bahrian Noor tertarik untuk mengembangkan industri buah-buahan di kabupaten tersebut, terutama jeruk untuk meningkatkan kesejahteran petani sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar.

Kota Gorontalo Bebas Dari Vaksin Palsu

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Gorontalo mengatakan bahwa daerah tersebut bebas dari peredaran vaksin palsu, seperti marak diberitakan saat ini.

Piyu Berharap Personel Padi Bisa Hibur Sobatnya

Gitaris PADI Piyu berharap bisa kembali menghibur para Sobat PADI (sebutan fans) dalam sebuah konser yang dihadiri seluruh personel yang belakangan fokus dengan proyek masing-masing.