Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Volume Perdagangan Sapi di Pasar Hewan Stabil

volume perdagangan sapi, sapi, ternak sapi, pasar hewan, hewan ternak, ekonomi, perdagangan

Posted on 08 Dec 2012. Hits : 757

Volume perdagangan sapi di pasar-pasar hewan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, masih tetap stabil, meskipun harga daging sapi selama beberapa pekan terakhir ini naik lebih dari 10 persen.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pasar Hewan Pemerintah Kabupaten Semarang, Agus Waryanto, ketika dihubungi di Semarang, Sabtu, menjelaskan sapi yang masuk ke Pasar Ambarawa setiap hari pasaran tercatat 800-850 ekor atau relatif sama sebelum terjadi kenaikan harga daging bulan lalu.

"Dari jumlah itu, yang terjual sekitar 40-45 persen atau rata-rata 350 ekor sapi. Dari sisi arus masuk dan keluar ternak di pasar-pasar hewan di Kabupaten Semarang relatif sama dengan November lalu," katanya.

Pasar Hewan Ambarawa dengan luas 3,1 hektare merupakan pasar ternak terbesar di Jawa Tengah dengan nilai transaksi pada hari pasaran Rp5 miliar hingga Rp8 miliar.

Ia menambahkan, dari sisi penerimaan retribusi delapan pasar hewan di Kabupaten Semarang juga mencapai target. Pada 2011, PAD dari pos retribusi pasar-pasar hewan mencapai Rp400 juta, sedangkan pada 2012 pihaknya optimistis target Rp460 juta bakal terlampaui.

Menurut dia, kenaikan harga daging sapi lebih banyak ditentukan oleh para pedagang sendiri karena setelah Hari raya Idul Adha lalu, mereka kehabisan stok sapi berukuran besar (Lemon).

"Saat ini banyak dijual sapi bakalan (Pedet). Harga sapi bakalan inilah yang malah naik hingga satu juta rupiah per ekor. Saat ini satu ekor bakalan sapi Rp5 juta padahal sebelumnya Rp4 juta," katanya.

Kenaikan harga sapi bakalan inilah, menurut Agus, yang menjadi salah satu pemicu kenaikan harga daging sapi belakangan ini. Harga sapi potong berat hidup sebelumnya Rp28.000-Rp29.000/kilogram, kini menjadi Rp30.000-Rp31.000/kg.

Menurut dia, ada kemungkinan harga daging sapi di tingkat konsumen menjelang Hari Natal dan Tahun Baru 2013 akan mengalami sedikit kenaikan karena adanya kenaikan konsumsi (permintaan). (ant/ ap)

Ahmad Hijazi Diangkat Sebagai Sekda Riau

Presiden RI Joko Widodo menetapkan Ahmad Hijazi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Riau melalui Keputusan Presiden (kepres) nomor 73/TPA Tahun 2016 tentang Pengangkatan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Kelompok Tani Alami Krisis

Para petani sawah lahan pasang surut di Lahimbua, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengharapkan bantuan pemerintah setempat maupun pemerintah pusat untuk mengolah lahan mereka.

Perambahan Liar Akibatkan Krisis Air

Yayasan Kanopi Bengkulu menyatakan kerusakan hutan lindung Bukit Daun akibat perambahan liar di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, yang mencapai 3.

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Merangkak Naik

Harga sapi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melonjak signifikan antara Rp1 juta hingga Rp5 juta dua minggu setelah Lebaran 2016.

Menjadi Tren Dunia, Wisata Kuliner Akan Hadir di Pulau Dewata

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Denpasar ingin menggarap wisata gastronomi atau wisata kuliner yang potensial di Ibu Kota Provinsi Bali itu.