Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Indonesia Ada di Peringkat 30 Dunia Untuk Negara Dengan Kasus Suap Terbanyak

indonesia, kasus, suap, negara

Posted on 15 Jul 2013. Hits : 320

Sebuah organisasi sosial global yang menentang aksi korupsi, Transparency International, melakukan survei guna memperoleh urutan negara-negara dengan kasus suap terbanyak. Dalam laporan hasil surveinya, Indonesia tercatat berada di peringkat ke-30, tepat di atas Thailand dan berada di bawah Mesir.

Seperti dilansir situs BBC, pekan lalu, laporan organisasi tersebut disajikan dalam bentuk persentase berdasarkan jumlah warga di masing-masing negara yang mengaku pernah melakukan kasus suap. Sebanyak 36% warga Indonesia mengaku telah melakukan kasus suap pada perusahaan negara.

Mesir dan Thailand yang menjepit peringkat Indonesia juga memiliki persentase yang sama persis (36%). Selain itu, hasil survei global tersebut membuktikan satu dari empat orang di dunia pernah menyuap instansi pemerintah pada 2012.

Di kawasan ASEAN sendiri, survei yang melibatkan 95 negara ini menempatkan Indonesia di peringkat ke 2 setelah Kamboja. Kasus suap di negeri tetangga tersebut tercatat sebesar 57%. Jumlah tersebut menyeretnya masuk ke jajaran 10 besar negara dengan tindakan penyuapan tertinggi.

Tingkat kasus suap di Indonesia lebih tinggi meninggalkan negara-negara tetangga lainnya seperti Thailand (18%) atau Filipina (12%). Bahkan Malaysia menjadi negara tetangga dengan volume kasus suap terendah sebanyak 3% saja.

Sekadar informasi, kasus suap tertinggi ternyata dilakukan oleh kebanyakan warga Afrika. Sebanyak 84% responden berkebangsaan Sierra Leone mengaku pernah memberikan dana suap pada perusahaan negara. Jumlah tersebut merupakan yang tertinggi dibanding 94 negara lainnya.

Sebaliknya, Denmark, Finlandia, Jepang dan Australia menjadi negara-negara dengan tingkat kasus suap terndah di dunia. Hanya 1% dari jumlah penduduk masing-masing mengaku melakukan tindakan penyuapan. (bn)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.