Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Indonesia - China Kokohkan Kerjasama Perlindungan Haki

indonesia-china, kokohkan kerjasama, haki

Posted on 09 Apr 2013. Hits : 395

Indonesia dan China mengkokohkan kerja sama perlindungan hak cipta atau Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) sebagaibagian dari kemitraan strategis yang disepakati kedua negara pada April 2005.

Pemantapan kerja sama perlindungan hak cipta itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Menteri Hukum dan HAM Amir Syarifuddin dan Komisioner Perlindungan Hak Cipta China, Tian Lipu, di Beijing, Selasa (9/4).

Menteri Hukum dan HAM Amir Syarifuddin mengatakan sejak ditandatanganinya kemitraan strategis antara Indonesia dan China, serta kesepakatan perdagangan bebas ASEAN-China, kerja sama perdagangan kedua negara semakin meningkat.

"Semakin meningkatnya hubungan kedua negara, termasuk dalam bidang perdagangan menuntut pula kerja sama di bidang perlindungan hak cipta," katanya.

Karena itu, dengan penandatangan nota kesepahaman ini menunjukkan komitmen kuat dari kedua negara untuk bekerja sama dalam perlindungan hak cipta.

"Melalui kerja sama hak cipta tersebut, diharapkan hubungan dan kerja sama kedua negara semakin meningkat dan luas ke berbagai bidang di masa datang," ujar Amir.

Ia juga mengatakan kerja sama perlindungan hak kekayaan intelektual merupakan komponen penting dan tak terelakkan dalam membangun kerja sama di bidang lain antara Indonesia dan China

"China dengan sistem perlindungan hak cipta yang sudah sedemikian maju, dapat menjadi motivasi bagi Indonesia untuk semakin baik dalam membangun sistem perlindungan hak kekayaan intelektualnya," tutur Menkumham.

Pada kesempatan yang sama, Komisioner Kantor Perlindungan HAKI China Tian Lipu mengatakan perlindungan terhadap hak cipta mutlak dilakukan seiring dengan perkembangan dan kemajuan kebudayaan serta teknologi di berbagai bidang.

"Dengan kesepakatan ini, kerja sama dan komunikasi antara Indonesia dan China dapat dijalin dengan lebih baik, khususnya di bidang perlindungan hak kekayaan intelektual," ucapnya.

Tian menambahkan, kerja sama yang baik antara kedua negara di bidang hak cipta tidak saja menguntungkan Indonesia-China tetapi juga memberikan kontribusi bagi kemakmuran kawasan.

"Indonesia sebagai salah satu negara besar di kawasan memiliki peran yang sangat penting dalam kerangka kerja sama ASEAN-China," ujarnya.

Dengan begitu, lanjut Tian, kesepakatan antara kedua negara dalam bidang hak kekayaan intelektual, tidak saja bermanfaat bagi hubungan bilateral kedua negara tetapi juga dalam hubungan multilateral di kawasan regional dan global.

"Apalagi, Indonesia telah menyepakati beberapa konvensi internasional tentang hak cipta," katanya, menambahkan.

Penandatanganan itu juga dihadiri Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Imron Cotan, Dirjen Imigrasi, Dirjen Administrasi Hukum Umum, dan Dirjen HAKI.(ris/ant)

Pemerintah Diminta Pertimbangkan Rencana Kenaikan Harga Solar

Anggota DPR RI Bambang Haryo meminta pemerintah untuk mengelola dan menghitung ulang rencana kenaikan harga bahan bakar minyak jenis solar karena bisa memiliki dampak yang luas.

GE Incar 'Upgrade' 10.000 MW Pembangkit Batubara

Perusahaan pembangkit listrik General Electric (GE) Power Indonesia mengincar potensi 10.

Presiden Yakin Proyek Palapa Ring Rampung 2019

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini Proyek Palapa Ring rampung pada 2019 sebagai upaya terobosan untuk menggarap peluang di bidang IT Indonesia.

Pemerintah Akan Bangun Museum Islam di Palembang

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan saat ini tengah melakukan berbagai persiapan untuk membangun museum Islam di Kota Palembang seperti yang ada di Arab Saudi dan sejumlah negara muslim lainnya.

KKP: Sistem Minapadi Indonesia Ditiru Negara Lain

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan sistem minapadi Indonesia yaitu sistem budidaya padi dan ikan yang ditempatkan dalam satu lahan semakin berkembang di Tanah Air dan ditiru oleh sejumlah negara lain.