Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemilihan Wakil Ketua MA 13 Februari 2013

pemilihan wakil ketua ma, wakit ketua yudisial, abdul kadir mappong, one man one vote, jakarta

Posted on 07 Feb 2013. Hits : 257

Mahkamah Agung pada 13 Februari 2013 akan menyelenggarakan pemilihan wakil ketua bidang yudisial menggantikan Abdul Kadir Mappong yang pensiun per 1 Februari.

"Pada 13 Februari kami akan melakukan pemilihan wakil ketua secara langsung yang diikuti oleh seluruh hakim agung," kata Kabiro Hukum dan Humas Ridwan Mansyur, di Jakarta, Kamis.

Ridwan mengungkapkan bahwa Ketua MA Hatta Ali dalam rapat pleno telah berpesan untuk memilih calon yang memiliki integritas, berkemampuan dalam bidang yudisial dan senioritas.

"Pak ketua menyerahkan pilihan kepada para hakim agung, namun harus diperhatikan juga masalah kemampuan teknis di bidang yudisial, senioritas dan integritasnya," ungkapnya.

Ridwan juga mengungkapkan bahwa para hakim agung berhak untuk mengajukan diri menjadi calon.

"Para hakim agung memiliki hak dipilih dan memilih," kata Ridwan.

Ridwan mengatakan dengan prinsip "one man one vote" (satu orang memiliki satu hak pilih) akan memunculkan beberapa nama yang muncul untuk menjadi wakil ketua.

"Namun nanti akan mengerucut menjadi dua atau tiga nama untuk dipilih dalam pemilihan tersebut," katanya.

Sementara untuk ketua muda bidang pidana khusus yang menggantikan Djoko Sarwoko dan ketua muda bidang tata usaha negara (TUN) yang menggantikan Paulus Lotulung akan ditunjuk langsung oleh ketua MA.

"Untuk ketua muda akan ditunjuk langsung oleh ketua MA setelah pemilihan wakil ketua," kata Ridwan. (ant/ed)

DPRD: Pembentukan Dinas Kebudayaan Optimalkan Dana Keistimewaan

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengharapkan pembentukan Dinas Kebudayaan di lingkungan pemeritah setempat mampu mengoptimalkan anggaran dana keistimewaan.

Desa Anggarkan Rp5 Juta Untuk Website

Desa di Kabupaten Jembrana, Bali, menganggarkan Rp5 juta untuk pembuatan website.

Robusta Bengkulu Masuk Semifinal Kopi Spesial

Kopi robusta dari Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu masuk dalam semifinal Kontes Kopi Spesialti Indonesia (KKSI) atau "Indonesia Cupping Competition" yang digelar Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) di Jakarta.

Dishubkominfo Bulungan: Infrastruktur Jalan Kurang Memadai

Sejak menjadi Ibu Kota Provinsi Kaltara, perkembangan Tanjung Selor mulai terlihat, dimulai dari bertambahnya gedung perkantoran hingga jumlah kendaraan.

Ratusan Pemohon e-KTP Bekasi Memprotes Penyetopan Layanan

Ratusan pemohon perekaman kartu tanda penduduk elektronik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bekasi, Jawa Barat, memprotes pemberhentian layanan akibat pemadaman listrik, Selasa.