Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Polda Bengkulu Akan Berlakukan Kawasan Tertib Hukum

polda, bengkulu, kawasan tertib hukum, hukum, tertib hukum

Posted on 01 Jan 2013. Hits : 475

Kepolisian Daerah Bengkulu merencanakan pemberlakuan kawasan percontohan tertib hukum di beberapa lokasi di Provinsi Bengkulu pada 2013.

"Kami akan berkerja sama dengan pemerintah kota dan kabupaten untuk merealisasikan program kawasan tertib hukum pada tahun 2013," kata Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bengkulu Brigadir Jenderal Polisi A.J. Benny Mokalu, Selasa.

Salah satu lokasi percontohan kawasan tertib hukum yang bisa diberlakukan dalam waktu dekat ini, kata dia, yakni pertokoan padat di Jalan Soeprapto. Dalam hal ini, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bengkulu.

"Sistem kawasan tertib hukum dilakukan dengan menempatkan polisi secara terus-menerus di pertokoan Jalan Soeprapto untuk memastikan keadaan di lokasi tersebut bebas dari aksi kejahatan," katanya.

Selain polisi, warga di sekitar Jalan Soeprapto juga dilatih untuk menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka agar benar-benar aman dari aksi para pelaku kriminal.

"Di kawasan tertib hukum, warga berperan aktif untuk mencegah dan menangkap para pelaku kejahatan dan menyerahkannya ke polisi untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," katanya.

Kapolda menjelaskan, bila terjadi kejahatan di kawasan tertib hukum, warga berhak untuk mengejar pelaku dengan menggunakan kendaraan meski harus berlawanan dengan arus lalu lintas karena keadaannya sedang darurat.

"Setiap hari, semua kejadian gangguan keamanan di Kawasan percontohan tertib hukum dicatat dengan perinci, dan akan dievaluasi setiap bulan untuk bahan rencana program bulan berikutnya," katanya.

Bila suatu kawasan tertib hukum telah berhasil, lanjut Kapolda, akan dilanjutkan program kawasan tertib hukum di lokasi lainnya sehingga kasus kejahatan terus menurun dan semua wilayah menjadi aman.(ant/ ap)

Puluhan Mahasiswa Asing Kunjungi Wisata Goa Selomangleng

Sedikitnya 40 mahasiswa asing serta dosen dari berbagai negeri mengunjungi wisata Goa Selomangleng Kediri, Jawa Timur ingin melihat langsung situs yang merupakan tempat pertapaan Dewi Kilisuci tersebut, Kamis.

Yenni Wahid Harap Wiranto Jadi Pejuang HAM

Putri kedua mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid, berharap penunjukan Jenderal TNI (Purnawirawan) Wiranto yang kini adalah menteri koordinator bidan polisik, hukum, dan HAM, dapat digunakan sebagai momentum perjuangan penegakan HAM di Indonesia.

MK Tolak Uji Materi UU Advokad

Mahkamah Konstitusi menolak permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2003 tentang Advokat (UU Advokat) yang diajukan oleh tiga advokat anggota Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi).

Sanjung Hillary, Obama Terus Mengejek Donald Trump

Presiden Amerika Serikat Barack Obama yang delapan kali menyebut nama calon presiden dari Partai Republik Donald Trump, menyatakan bahwa Trump lebih memainkan ketakutan orang Amerika ketimbang menawarkan solusi bagi ketakutan yang dihadapi orang Amerika.

Pemkab Bekasi Rencanakan Pengolahan Sampah Sistem Composing

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, berencana melakukan pengolahan sampah dengan sistem composing agar dapat menghasilkan gas metan rumah tangga.