Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Polda Bengkulu Akan Berlakukan Kawasan Tertib Hukum

polda, bengkulu, kawasan tertib hukum, hukum, tertib hukum

Posted on 01 Jan 2013. Hits : 475

Kepolisian Daerah Bengkulu merencanakan pemberlakuan kawasan percontohan tertib hukum di beberapa lokasi di Provinsi Bengkulu pada 2013.

"Kami akan berkerja sama dengan pemerintah kota dan kabupaten untuk merealisasikan program kawasan tertib hukum pada tahun 2013," kata Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Bengkulu Brigadir Jenderal Polisi A.J. Benny Mokalu, Selasa.

Salah satu lokasi percontohan kawasan tertib hukum yang bisa diberlakukan dalam waktu dekat ini, kata dia, yakni pertokoan padat di Jalan Soeprapto. Dalam hal ini, pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bengkulu.

"Sistem kawasan tertib hukum dilakukan dengan menempatkan polisi secara terus-menerus di pertokoan Jalan Soeprapto untuk memastikan keadaan di lokasi tersebut bebas dari aksi kejahatan," katanya.

Selain polisi, warga di sekitar Jalan Soeprapto juga dilatih untuk menjaga lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka agar benar-benar aman dari aksi para pelaku kriminal.

"Di kawasan tertib hukum, warga berperan aktif untuk mencegah dan menangkap para pelaku kejahatan dan menyerahkannya ke polisi untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku," katanya.

Kapolda menjelaskan, bila terjadi kejahatan di kawasan tertib hukum, warga berhak untuk mengejar pelaku dengan menggunakan kendaraan meski harus berlawanan dengan arus lalu lintas karena keadaannya sedang darurat.

"Setiap hari, semua kejadian gangguan keamanan di Kawasan percontohan tertib hukum dicatat dengan perinci, dan akan dievaluasi setiap bulan untuk bahan rencana program bulan berikutnya," katanya.

Bila suatu kawasan tertib hukum telah berhasil, lanjut Kapolda, akan dilanjutkan program kawasan tertib hukum di lokasi lainnya sehingga kasus kejahatan terus menurun dan semua wilayah menjadi aman.(ant/ ap)

Diskominfo Pertanyakan Izin Menara Ponsel Atas Ruko

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mempertanyakan menyangkut perizinan terhadap menara telepon selular (ponsel) yang berada di atas ruko.

'Runway' Bandara Pekanbaru Ditargetkan Beroperasi April 2017

PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan perluasan landasan pacu (runway) Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Provinsi Riau, sepanjang 2.

BKPM Undang Inggris Masuk Sektor Infrastruktur

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengundang investor Inggris untuk ikut menanamkan modal di sektor infrastruktur Indonesia melalui forum "Business Forum: Infrastructure Investment Opportunity in Indonesia".

Sleman Kembangkan Pewarna Alami Sentra Batik Plalangan

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan batik pewarna alami di Sentra Batik, Plalangan, Pandowoharjo, sebagai kepedulian untuk pelestarian alam.

Kerajinan Jimbe Banyuwangi Tembus Pasar Dunia

Kerajinan alat musik perkusi berupa jimbe yang dibuat perajin asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mampu menembus sejumlah pasar dunia, seperti Afrika, Amerika dan Australia.