Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Puskesmas Serongga Kotabaru Dijadikan Rumah Sakit

puskesmas, pemkab kotabaru, rsu tipe c

Posted on 01 Sep 2013. Hits : 424

Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan,segera mengembangkan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Serongga di Kelumpang Hilir menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) tipe C.

'Program tersebut merupakan salah satu komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,' kata Ketua Komisi III DPRD Kotabaru H Rusli Erfa, di Kotabaru, Minggu.

Rusli menjelaskan, kebutuhan rumah sakit di Serongga bersifat mendesak, karena saat ini Kecamatan itu sudah mengalami peningkatan jumlah penduduk yang cukup signifikan.

'Pembangunan rumah sakit di daerah kecamatan sangat diperlukan, mengingat rumah sakit umum daerah hanya berpusat di ibu kota Kabupaten Kotabaru,' ujarnya.

Selain itu, jarak daerah itu menuju RSUD Kotabaru yang berada di Kecamatan Serongga cukup jauh.

Kader Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, Puskesmas Serongga memang layak untuk menjadi rumah sakit.

Hal ini didukung letak yang strategis berada di luar Pulau Laut, dan bangunan Puskesmas cukup lengkap meliputi ruang unit gawat darurat (UGD), ruang rawat inap, ruang poli dan pelayanan kesehatan selama 24 jam.

'Dengan pengembangan Puskesmas ini, akan membantu masyarakat pelosok yang ingin berobat,' jelasnya.

Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ketika akan berobat atau rawat inap.

Sebelumnya, Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani meminta manajemen rumah sakit umum daerahsetempat terus meningkatkan pelayanan kepada pasien.

'Karena selama ini pelayanan di RSUD Kotabaru masih belum maksimal,' katanya.

Menurut bupati, kualitas pelayanan rumah sakit harus tetap dijaga agar pemberian pelayanan kepada masyarakat, khususnya pasien yang datang tidak menurun.

Petugas rumah sakit harusnya memiliki prinsip bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien.

Bupati mengakui, sampai saat ini tenaga perawat di rumah sakit masih kurang, terutama tenaga perawat laki-laki.

'Untuk itu akan kita upayakan penambahan tenaga perawat tersebut,' ucapnya.

Peralatan medis di rumah sakit sebagian juga masih ada yang menggunakan peralatan lama, sehingga nantinya akan diganti dengan peralatan medis yang baru.

Kalau peralatan sudah lengkap, otomatis pelayanan kepada masyarakat akan bisa maksimal,' kata bupati.(ant/rd)

Diskominfo Pertanyakan Izin Menara Ponsel Atas Ruko

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, mempertanyakan menyangkut perizinan terhadap menara telepon selular (ponsel) yang berada di atas ruko.

'Runway' Bandara Pekanbaru Ditargetkan Beroperasi April 2017

PT Angkasa Pura II (Persero) menargetkan perluasan landasan pacu (runway) Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Provinsi Riau, sepanjang 2.

BKPM Undang Inggris Masuk Sektor Infrastruktur

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengundang investor Inggris untuk ikut menanamkan modal di sektor infrastruktur Indonesia melalui forum "Business Forum: Infrastructure Investment Opportunity in Indonesia".

Sleman Kembangkan Pewarna Alami Sentra Batik Plalangan

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengembangkan batik pewarna alami di Sentra Batik, Plalangan, Pandowoharjo, sebagai kepedulian untuk pelestarian alam.

Kerajinan Jimbe Banyuwangi Tembus Pasar Dunia

Kerajinan alat musik perkusi berupa jimbe yang dibuat perajin asal Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mampu menembus sejumlah pasar dunia, seperti Afrika, Amerika dan Australia.