Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Puskesmas Serongga Kotabaru Dijadikan Rumah Sakit

puskesmas, pemkab kotabaru, rsu tipe c

Posted on 01 Sep 2013. Hits : 424

Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan,segera mengembangkan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Serongga di Kelumpang Hilir menjadi Rumah Sakit Umum (RSU) tipe C.

'Program tersebut merupakan salah satu komitmen pemerintah daerah dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,' kata Ketua Komisi III DPRD Kotabaru H Rusli Erfa, di Kotabaru, Minggu.

Rusli menjelaskan, kebutuhan rumah sakit di Serongga bersifat mendesak, karena saat ini Kecamatan itu sudah mengalami peningkatan jumlah penduduk yang cukup signifikan.

'Pembangunan rumah sakit di daerah kecamatan sangat diperlukan, mengingat rumah sakit umum daerah hanya berpusat di ibu kota Kabupaten Kotabaru,' ujarnya.

Selain itu, jarak daerah itu menuju RSUD Kotabaru yang berada di Kecamatan Serongga cukup jauh.

Kader Partai Amanat Nasional (PAN) ini menambahkan, Puskesmas Serongga memang layak untuk menjadi rumah sakit.

Hal ini didukung letak yang strategis berada di luar Pulau Laut, dan bangunan Puskesmas cukup lengkap meliputi ruang unit gawat darurat (UGD), ruang rawat inap, ruang poli dan pelayanan kesehatan selama 24 jam.

'Dengan pengembangan Puskesmas ini, akan membantu masyarakat pelosok yang ingin berobat,' jelasnya.

Dengan demikian, lanjut dia, masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ketika akan berobat atau rawat inap.

Sebelumnya, Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani meminta manajemen rumah sakit umum daerahsetempat terus meningkatkan pelayanan kepada pasien.

'Karena selama ini pelayanan di RSUD Kotabaru masih belum maksimal,' katanya.

Menurut bupati, kualitas pelayanan rumah sakit harus tetap dijaga agar pemberian pelayanan kepada masyarakat, khususnya pasien yang datang tidak menurun.

Petugas rumah sakit harusnya memiliki prinsip bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada pasien.

Bupati mengakui, sampai saat ini tenaga perawat di rumah sakit masih kurang, terutama tenaga perawat laki-laki.

'Untuk itu akan kita upayakan penambahan tenaga perawat tersebut,' ucapnya.

Peralatan medis di rumah sakit sebagian juga masih ada yang menggunakan peralatan lama, sehingga nantinya akan diganti dengan peralatan medis yang baru.

Kalau peralatan sudah lengkap, otomatis pelayanan kepada masyarakat akan bisa maksimal,' kata bupati.(ant/rd)

WHO: Dunia Tidak Boleh Lewatkan Tanda Awal Setiap Wabah Flu

Badan Kesehatan Dunia (WHO), Senin, menyeru semua negara memantau dengan saksama penyebaran virus flu unggas, yang mematikan pada unggas dan hewan ternak, serta segera melaporkan setiap paparan pada manusia, yang menunjukkan tanda awal wabah flu.

Perampok Gasak Harta Warga Bekasi Rp400 Juta

Pelaku perampokan menggasak harta senilai total Rp400 juta dari sebuah rumah mewah di Perumahan Grand Galaxy City, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/1).

AirAsia X Dapatkan Izin Terbang Ke Amerika Serikat

AirAsia X telah mendapatkan izin dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk mengoperasikan penerbangan ke Amerika Serikat.

Emirates Gagal Terbang Di Bandara Ngurah Rai

Pesawat Emitares Airilines gagal terbang di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, karena ban bagian belakang pesawat itu pecah saat bersiap tinggal landas sehingga kembali ke apron sekitar pukul 00.

Pelindo Akui Kuala Tanjung Blum Jadi 'Hub'

Direktur Utama PT Pelindo I (Persero) Bambang Eka Cahyana mengakui Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara memang belum bisa menjadi pelabuhan pengumpul (hub) karena masih dalam tahap pengembangan.