Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Sekarang Operasi Hidrosefalus di Bali Gratis !

operasi hidrosefalus,gratis,bali

Posted on 06 May 2013. Hits : 270

Pemerintah Provinsi Bali menggratiskan biaya operasi penderita hidrosefalus dan penyakit kelainan bawaan lahir pada bayi dengan menggunakan dana program Jaminan Kesehatan Bali Mandara.

"Mulai 15 April 2013, ada penambahan jaminan untuk menanggung keseluruhan biaya operasi, perawatan, sampai benar-benar sembuh bagi penderita hidrosefalus, bayi tanpa anus, bayi tanpa saluran kencing, dan kecelakaan tunggal," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dr Ketut Suarjaya di Denpasar, Senin.

Menurut dia, seringkali penderita kelainan bawaan pada bayi terjadi pada keluarga kurang mampu sehingga kondisi tersebut sangat berbahaya bagi penderita. Ia mencontohkan untuk operasi penderita hidrosefalus dibutuhkan biaya kisaran Rp30-50 juta.

"Hidrosefalus jika tidak ditangani dengan kondisi kepala makin membesar akan mengakibatkan penekanan pada otak. Hal itu bisa menyebabkan gangguan otak bahkan berakibat kematian," ujarnya.

Penderita hidrosefalus supaya ditanggung melalui JKBM, jelas dia, harus melalui rujukan dulu dari puskesmas. "Harus demikian karena puskesmas mempunyai kewajiban untuk menindaklanjuti pasien pascaoperasi, memberikan bimbingan, pembinaan, hingga promosi kesehatan bagi keluarga pasien," katanya.

Rujukan berjenjang, ucap Suarjaya, harus dilakukan untuk memperbaiki sistem dan mencegah penumpukan pasien di rumah sakit. Terkait tambahan layanan tersebut, sudah dibuat pula surat edaran gubernur kepada semua kabupaten/kota.

"Dengan penambahan layanan itu, juga berdampak dalam anggaran yang dialokasikan untuk JKBM dan hitungan premi per kapita per bulan. Tahun lalu hitungan premi Rp6.000 per kapita per bulan dengan total alokasi anggaran untuk JKBM sebesar Rp235,9 miliar," katanya.

Sementara untuk 2013, premi dinaikkan menjadi Rp8.500 per kapita per bulan sehingga total anggaran JKBM tahun ini menjadi Rp280,62 miliar atau ada penambahan lebih dari Rp44 miliar dibandingkan tahun lalu.

Pemprov Bali, mulai 1 Januari 2013 juga menambah layanan JKBM dengan menanggung biaya cuci darah atau hemodialisis seumur hidup bagi penderita gagal ginjal.(ris/ant)

Trump Pilih Eksekutif Goldman Sachs untuk Pos Ekonomi Utama

Presiden terpilih AS Donald Trump telah memilih seorang eksekutif Goldman Sachs untuk kepala Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, media lokal melaporkan pada Jumat.

Pabrik Garam Farmasi Pertama di Indonesia Mulai Beroperasi

Pabrik Garam Farmasi I di Watudakon, Jombang, Jawa Timur, yang merupakan pabrik bahan baku obat pertama di Indonesia yang dikembangkan bersama oleh BPPT dan PT Kimia Farma mulai beroperasi pada 8 Desember 2016.

Masyarakat Perbatasan Gelar Festival Makanan Tradisional

Masyarakat desa di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menggelar pawai akhir tahun dengan tema Festival Makanan Tradisional dan Pengembangan Desa Hijau, 9 - 12 Desember 2016.

Semen Indonesia Bantu Rp500 Juta Korban Gempa Aceh

PT Semen Indonesia Tbk memberi sumbangan sebesar Rp500 juta untuk meringankan beban para pengungsi dan korban gempa berkekuatan 6,5 skala richter di Kabupaten Pidie Jaya, dan sebagian Kabupaten Pidie dan Bireuen.

Wapres Resmikan Enam Proyek di Sulbar

Wakil Presiden Jusuf Kalla menandatangani prasasti enam proyek infrastruktur Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Mamuju, Sabtu.