Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

12 Desa Di Tanjungpura Langkat Terendam Banjir

12 desa, langkat, terendam banjir, meluap sungai batang serangan

Posted on 21 Oct 2013. Hits : 333

Sebanyak 12 desa di Kecamatan Tanjungpura, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, terendam banjir setinggi 60 centimeter akibat meluapnya Sungai Batang Serangan.

'Ada 12 desa sekarang ini terendam banjir akibat meluapnya sungai Batang Serangan,' kata Kepala Wilayah Kecamatan Tanjungpura Surianto di Tanjungpura, Senin.

Banjir yang merendam pemukiman penduduk di 12 desa tersebut karena sungai Batang Serangan meluap tidak mampu lagi menampung curahan air hujan, katanya.

Adapun 12 desa yang dilanda banjir tersebut terdiri dari desa Pematang Cengal Barat, Pematan Cengal, Karya Maju, Pantai Cermin, Lalang, Pekubuan, Pematang Serai, Kelurahan Pekan Tanjungpura, Baja Kuning, Paya Perupuk, Pulau Banyak Teluk Bakung.

Bila diperhitungkan ada sekitar 3.914 rumah yang saat ini terendam banjir diakibatkan meluapnya sngai Batang Serangan.

Surianto mejelaskan bahwa pihaknya juga sudah mendirikan tenda darurat untuk persiapan warga mengungsi, termasuk juga dengan mendirikan posko kesehatan.

'Yang terparah banjir kali ini dialami warga yang berada di desa Pematang Cengal, Pematang Cengal Barat dan Karya Maju,' katanya.

Sebagian besar warga mengungsi ke tempat yang lebih aman, untuk menyelematkan diri dari ancaman banjir yang terjadi kawasan itu.

Pemerintah Kabupaten Langkat memberikan bantuan berupa beras, dan mie instan.

'Sekitar enam ton beras dan 320 kotak mie instan sudah disalurkan kepada masyarakat korban banjir, untuk upaya penanggulangannya,' katanya.

Dirinya juga sekarang ini terus melakukan pemantauan bersama instansi terkait lainnya, menyangkut keberadaan air sungai Batang Serangan yang terus semaki naik.(ant/rd)

Dua Daerah DIY Percontohan Kemiskinan Nasional

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyatakan sebanyak dua daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menjadi daerah percontohan bagi program pengentasan kemiskinan pemerintah.

Kekhasan Taman Nasional Daya Tarik Wisata

Pakar pelestarian lingkungan hidup dari Amerika, Shane Barrow, memberikan komentar dan penilaiannya terkait keadaan taman nasional yang ada di Indonesia.

Pemerintah Perkuat Transmigrasi Untuk Kurangi Impor Pangan

Pemerintah segera memperkuat dan menggalakkan kembali program transmigrasi untuk mengurangi ketergantungan impor pangan, kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo.

Penyaluran KIP Belum Tuntas

Penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) belum juga tuntas meskipun batas waktu penyaluran akan berakhir di akhir September.

BNPB-MIT Kembangkan Peta Bencana Berbasis Media Sosial

Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Urban Risk Lab Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat, mengembangkan peta bencana berbasis media sosial.