Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Alokasi Bantuan Siswa Miskin Untuk Balangan Turun

alokasi dana bsm, kabupaten balangan, mengalami penurunan

Posted on 29 Jun 2013. Hits : 388

Alokasi dana Bantuan Siswa Miskin (BSM) untuk Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, yang diberikan oleh pemerintah pusat periode 2013 ini jumlahnya mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, Abdul Basyit di Paringin, ibu kota Balangan, Jum'at, alokasi dana yang diberikan pada 2013 ini sebesar Rp2,9 Miliar.

'Besaran dana tersebut turun drastis dari alokasi yang diberikan oleh pemerintah pada tahun sebelumnya, yang berjumlah Rp6,4 Miliar,' ujarnya.

Pada 2012 lalu, alokasi dana BSM sebesar Rp6,4 Miliar tersebut disalurkan kepada 1.781 siswa yang berasal dari 160 Sekolah Dasar (SD) se-Balangan.

Dengan turunnya besaran alokasi dana BSM periode 2013 ini, katanya, berimbas langsung pada pengurangan jumlah penerima.

'Mau tidak mau jumlah penerima harus dikurangi, menyesuaikan dengan besaran alokasi dana yang diberikan. 2013 ini hanya bisa dibagikan kepada 820 siswa,' katanya.

Jatah alokasi dana BSM tersebut diberikan pemerintah melalui Kementrian Pendidikan RI, berdasarkan hasil pendataan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tentang masyarakat miskin.

Hasil pendataan BPS tahun 2011 yang digunakan oleh Kementrian Pendidikan RI sebagai acuan tersebut menyebutkan bahwa angka kemiskinan di Balangan mengalami penurunan.

Namun, tambahnya, meskipun angka kemiskinan berdasarkan pendataan oleh BPS mengalami penurunan bukan berarti jumlah masyarakat miskin berkurang pula dengan serta merta.

'Kondisi ekonomi masyarakat setiap tahunnya selalu mengalami perubahan dan fakta dilapangan, masih banyak siswa dari keluarga kurang mampu yang sangat membutuhkan dana BSM,' tambahnya.(ant/rd)

Legislator: Rokok Mahal Kendalikan Konsumsi Generasi Muda

Anggota Komisi IV DPR Akmal Pasluddin menyatakan kenaikan tarif cukai hasil tembakau yang membuat harga rokok mahal akan mengendalikan konsumsi generasi muda dan memberikan dampak positif pada masa depan.

Pengelolaan Hutan Jangan Dijadikan Kepentingan Ekonomi

Peneliti Ekonomi Kehutanan Pusat Peneliti dan Pengembangan Sosial Ekonomi dan Kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ismatul Ismail menyatakan pengelolaan hutan jangan dijadikan kepentingan ekonomi sehingga bisa merusak kelestarian hutan.

Gempa Runtuhkan Bangunan di Italia Tengah, Enam Diperkirakan Tewas

Gempa berkekuatan besar menghacurkan sejumlah bangunan di Italia tengah pada Rabu dinihari, menjebak penduduk dan menyebabkan warga lain melarikan diri, dengan setidak-tidaknya enam orang diperkirakan tewas.

KPK Dorong Perbaikan Tata Kelola Pemerintah Daerah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong pemerintah daerah memperbaiki tata kelola pemerintah dengan menerapkan praktik terbaik (best practice) khususnya bidang perencanaan dan pengelolaan APBD, pengadaan barang dan jasa serta pelayanan perizinan.

Sumatera Selatan Dongkrak Konsumsi Ikan Masyarakat

Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan mendongkrak konsumsi ikan masyarakat dengan menggencarkan gerakan makan ikan (Gemarikan) di setiap kabupaten/kota.