Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Balikpapan Nominator Adipura Kencana

kota balikpapan, kandidat, piala adipura kencana

Posted on 08 May 2013. Hits : 282

Kota Balikpapan kembali menjadi salah satu kandidat peraih Piala Adipura Kencana yang akan diumumkan pada peringatan Hari Lingkungan Hidup, 5 Juni 2013.

"Kita bersaing dengan Malang dan Manado," kata Kabag Humas Pemkot Balikpapan Sudirman Djajaleksana di Balaikota Balikpapan, Selasa.

Sebelum ini, Balikpapan juga menjadi nominator Adipura Kencana pada tahun 2011 namun tidak terpilih.

Kabag Humas juga menambahkan, bahwa Balikpapan sudah meraih Piala Adipura sebanyak 17 kali namun tidak pernah sekali pun meraih Adipura Kencana.

"Mudah-mudahan sekali ini kita bisa terpilih," harapnya.

Sementara itu, Tim Penilai Adipura rencananya akan datang dalam waktu dekat danmelakukan penilaian selama dua hari. Tim tersebut adalah tim khusus yang dibentuk Kementerian Lingkungan Hidup yang termasuk di dalamnya Dewan Pertimbangan Adipura.

"Dalam minggu ini mereka akan datang dan menilai semua sisi dan semua sudut kota secara integral," ucapnya.

Tim tersebut akan memverifikasi langsung ke lapangan laporan dan data yang diberikan Wali Kota. Menurut Kabag Humas, Wali Kota Rizal Effendi juga akan menyampaikan berbagai program pembangunan baik yang sedang dilaksanakan sekarang maupun rencana-rencana di masa datang,hingga aspek-aspek kehidupan warga masyarakat di Balikpapan.

"Pak Wali akan mengekspose apa-apa yang sudah dilakukan Balikpapan, baik sekarang maupun rencana kedepan. Jadi bicara Adipura bukan hanya bicara satu sisi kebersihan, tapi bicara secara terpadu.

Bicara tentang kenyamanan kota dan kebutuhan warganya," terang Kabag Humas Djajaleksana yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan itu.

Kriteria penilaian untuk Adipura sendiri adalah kebersihan kota secara umum, kemudian kebersihan tanah, kebersihan air, dan juga kebersihan udara. Kebersihan udara artinya polusinya minimal, demikian pula dengan air.

Menurut Kabag Humas, dengan kembali menjadi nominator Adipura Kencana, berarti Balikpapan memiliki nilai lebih dalam hal kebersihan.(ant/rd)

Legislator: Rokok Mahal Kendalikan Konsumsi Generasi Muda

Anggota Komisi IV DPR Akmal Pasluddin menyatakan kenaikan tarif cukai hasil tembakau yang membuat harga rokok mahal akan mengendalikan konsumsi generasi muda dan memberikan dampak positif pada masa depan.

Pengelolaan Hutan Jangan Dijadikan Kepentingan Ekonomi

Peneliti Ekonomi Kehutanan Pusat Peneliti dan Pengembangan Sosial Ekonomi dan Kebijakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ismatul Ismail menyatakan pengelolaan hutan jangan dijadikan kepentingan ekonomi sehingga bisa merusak kelestarian hutan.

Gempa Runtuhkan Bangunan di Italia Tengah, Enam Diperkirakan Tewas

Gempa berkekuatan besar menghacurkan sejumlah bangunan di Italia tengah pada Rabu dinihari, menjebak penduduk dan menyebabkan warga lain melarikan diri, dengan setidak-tidaknya enam orang diperkirakan tewas.

KPK Dorong Perbaikan Tata Kelola Pemerintah Daerah

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong pemerintah daerah memperbaiki tata kelola pemerintah dengan menerapkan praktik terbaik (best practice) khususnya bidang perencanaan dan pengelolaan APBD, pengadaan barang dan jasa serta pelayanan perizinan.

Sumatera Selatan Dongkrak Konsumsi Ikan Masyarakat

Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Selatan mendongkrak konsumsi ikan masyarakat dengan menggencarkan gerakan makan ikan (Gemarikan) di setiap kabupaten/kota.