Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Bandar Ayam di Karawang Berencana Mogok

bandar ayam, karawang, harga daging ayam

Posted on 01 Jul 2013. Hits : 296

 Para bandar ayam di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berencana mogok dengan tidak menyuplai ke pasar selama sepekan mulai Selasa sebab produsen terus menaikkan harga sejak beberapa hari terakhir.


Ketua Paguyuban Bandar Ayam Karawang Suryana Kencana, Senin menyatakan pemogokan itu dilakukan sebagai upaya menekan tingginya harga yang dipasang oleh produsen ayam pedaging.

Aksi itu, katanya, juga sebagai perlawanan para bandar terhadap tingginya harga daging ayam yang ditentukan para produsen.

Rencananya, kata dia, aksi mogok berjualan tersebut akan dilakukan selama sepekan jika harga daging ayam tetap mengalami kenaikan.

Menurut dia, para bandar ayam saat ini merasa berat atas harga yang setiap saat mengalami kenaikan. Bahkan selama sepekan terakhir, terus naik hingga mencapai Rp21.500-24.000 per ekor.

Jika harga di tingkat bandar mencapai angka Rp24.000 per ekor, dipastikan harga tersebut akan semakin melonjak di pasaran.

"Asumsinya, kalau di tingkat bandar harganya Rp22.000 ribu per ekor, pedagang di pasar tradisional akan menjualnya hingga angka Rp34.000-38.000 per ekor," kata dia.

Ia menilai tingkat kebutuhan daging ayam di Karawang cukup tinggi. Setiap hari Karawang membutuhkan sekitar 30 ribu ekor ayam potong. Sementara saat ini, stok ayam dalam kondisi kosong.

Seorang bandar ayam lainnya, Akbar, mengatakan produsen beralasan kenaikan harga daging ayam sebagai dampak dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi.

Ia menilai, kenaikan harga daging ayam tidak masuk akal, karena terus mengalami kenaikan setiap hari.

Para banda ayam di Karawang sepakat mulai Senin malam tidak akan mendatangkan ayam ke pasar-pasar tradisional di Karawang. (ant/ed)

Tarif Trans Tangerang Rp 1.000 Bagi Pelajar

Pemerintah Kota Tangerang memberikan tarif murah bagi pelajar yang menggunakan moda transportasi Trans Tangerang yakni Rp1.

RCEP Bisa Pengaruhi Sektor Pangan-Kesehatan Nasional

Perjanjian perdagangan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang juga melibatkan Indonesia dinilai bisa mempengaruhi sektor pangan dan kesehatan nasional karena adanya hak kekayaan intelektual yang dikuasai korporasi.

BNPT Harapkan Revisi UU Terorisme Segera Dirampungkan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius berharap revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dapat segera dirampungkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Imigrasi Soetta Tolak Kedatangan Empat Warga Bangladesh

Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang menolak kedatangan empat warga Bangladesh karena diduga menyalahgunakan fasilitas bebas visa kunjungan.

FAO : Pertanian Konservasi Tingkatkan Produksi 77 Persen

Berdasarkan data dari Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) hasil teknik pertanian konservasi telah meningkatkan produksi jagung di wilayah Indonesia Timur sebanyak 77 persen daripada menggunakan teknik produksi konvensional.