Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Bekasi Tetapkan Sukamulya Percontohan Kota Layak Anak

bekasi, kota layak anak, sukamulya

Posted on 12 Nov 2012. Hits : 383

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menetapkan Desa Sukamulya, Kabupaten Bekasi, sebagai percontohan kota layak anak di wilayah setempat, ujar Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Bekasi, Hasan Bisri.

"Infrastruktur dan pengelolaannya sudah siap berupa tanah seluas 7.000 meter persegi di Kecamatan Sukatani, sebagai fasilitas bermain dan kehadiran forum anak daerah selaku pengelola," kata Hasan Bisri di Cikarang, Senin.

Menurut dia, dana awal yang dibutuhkan untuk merealisasikan rencana itu sebesar Rp350 juta yang akan dialokasikan dari uang pribadinya.

Dana itu akan diperruntukan bagi pembuatan perpustakaan, fasilitas bermain, klinik, aula, dan berbagai kebutuhan lainnya yanng menunjang program kota layak anak.

"Kami menargetkan prosesnya rampung pada Maret 2013. Pada penghujung November 2012 ini pembangunan fisik sudah bisa dimulai," ujarnya.

Pascapembangunan fisik rampung, kata dia, prosesnya akan dilanjutkan dengan membentuk forum anak daerah yang bertanggung jawab mengelola kawasan tersebut termasuk pengelolaan keuangan negara berupa dana hibah dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebesar Rp50 juta pertahun.

"Dana itu yang kemudian harus dikelola secara profesional demi terwujudnya kota layak anak yang sesuai harapan dan berkelanjutan," katanya.

Dana hibah itu, kata dia, akan dimanfaatkan untuk berbagai sarana dan prasarana kebutuhan anak seperti, tempat kesenian dan budaya, pelatihan membaca, pusat kesehatan anak dan lainnya.

Secara terpisah Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bekasi, Aat Barhati, mengapresiasi niat tersebut.

"Keberadaan ruang khusus anak sangat dinanti warga di tengah ruang terrbuka hijau yang saat ini semakinn menyusut akibat lahan industri," katanya. (ant/as)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.