Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

BPAD: Minat Baca Masyarakat Kalteng Meningkat

minat baca masyarakat, lembaga penjamin mutu pendidikan

Posted on 13 May 2013. Hits : 264

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Kalimantan Tengah Rudiansyah Iden mengemukakan minat baca masyarakat setempat mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

'Hal itu terlihat dari masyarakat yang mengunjungi perpustakaan milik Pemerintah Provinsi Kalteng di tahun 2012 mencapai 110 ribu atau meningkat 10 persen dibandingkat tahun 2011,' katanya di Palangka Raya, Senin Ia mengatakan jumlah itu yang tercatat di perpustakaan pemprov.

'Belum lagi perpustakaan milik lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP), STAIN, maupun lembaga lainnya,' katanya.

Ia menjelaskan minat baca masyarakat dipengaruhi beberapa hal, yaknipemberitaan di media yang semakin mendidik dan memberikan informasi tentang banyak hal, kemajuan pendidikan, dan pembangunan di Provinsi 'Bumi Tambun Bungai' itu.

Selain itu, katanya, kehadiran dan pembentukan perpustakaan mini di 427 desa se-Kalteng semakin menambah minat masyarakat dengan memanfaatkan perpustakaan untuk mencari atau memenuhi kebutuhan profesinya.

'Program Kalteng Harati atau Kalteng Cerdas yang dicanangkan Gubernur Agustin Teras Narang juga memberikan dampak positf terhadap peningkatan minat baca masyarakat,' kata Iden.

Ia mengatakan minat baca masyarakat dapat meningkat secara pesat apabila semua pihak, khususnya kepala maupun perangkat desa, memberikan perhatian lebih baik lagi terhadap perpustakaan.

Ia mengatakan pemprov telah membangun dan memiliki perpustakaan di 427 dari 1.500 desa di 'Bumi Pancasila' itu dengan jumlah buku mencapai 1.000 eksemplar.(ant/rd)

Petinju Indonesia Tibo Monabesa Perebutkan Gelar Juara Dunia WBC

Petinju Indonesia Tibo Monabesa akan menghadapi petarung Filipina Rene Patilano Sabtu (21/1) mendatang untuk memperebutkan sabuk WBC Silver Internasional pada kelas terbang ringan, sekaligus memperbaiki peringkat sebagai syarat ikut serta memperebutkan sabuk juara dunia.

Sylviana Diperiksa Selama 7,5 Jam

Mantan Walikota Jakarta Pusat Sylviana Murni diperiksa selama 7,5 jam sebagai saksi kasus dugaan tindak pidana korupsi pengelolaan dana bansos Pemprov DKI Jakarta di Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta tahun anggaran 2014 dan 2015.

OCBC NISP Tawarkan Kartu Kredit Untuk Kelas Menengah Atas

Bank OCBC NISP menawarkan kartu kredit "Voyage" bagi kalangan menengah atas seperti pemilik bisnis, para profesional dan eksekutif untuk memenuhi kebutuhan nasabah premium secara eksklusif.

Menelusuri Jejak Kesultanan Sambas

Istana Alwatzikhoebillah Sambas, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yang didominasi warna kuning menyala, masih cukup kokoh berdiri.

Museum Goedang Ransoem Alami Revitalisasi

Dinas Kebudayaan Peninggalan Sejarah dan Permuseuman Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar) merevitalisasi salah satu bangunan cagar budaya di kota itu, Museum Goedang Ransoem, pada 2017.