Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPBD Ambon Lakukan Simulasi Bencana

badan penanggulangan bencana daerah, memberitahukan jalur evakuasi

Posted on 21 Mar 2013. Hits : 288

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon akan melakukan simulasi pra bencana banjir dan tanah longsor pada Mei 2013.

"Simulasi pra bencana merupakan skenario pencegahan dan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di Kota Ambon tahun 2013," kata Kepala BPBD Ambon, Tjokro Broery di Ambon, Rabu.

Menurut Dia, simulasi banjir dan tanah longsor merupakan kegiatan pra bencana yang dimulai dengan pembuatanjalur evakuasi, penanganan darurat korban bencana.

"Tahun 2012 kita telah melakukan simulasi bencana tsunami dan tahun ini akan dilakukan simulasi banjir dan longsor," katanya.

Tjokro mengatakan, simulasi akan melibatkan warga dan instansi terkait untuk memberitahukan jalur evakuasi maupun jalur aman yang harus dilalui warga bila terjadi bencana alam.

"Simulasi akan dilakukan di daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor di dua Kecamatan yakni Sirimau, dan Baguala," ujarnya.

Ia mengakui, simulasi bencana merupakan kegiatan untuk meminimalisir kerusakan dan kerugian masyarakat akibat bencana.

"Langkah ini juga telah dipetakan lewat pemetaan resiko multi bencana atau peta resiko, ancaman dan kerentanan bencana di Ambon," ujarnya.

Diakuinya, selain melakukan simulasi, pihaknya juga telah menyiapkan posko antisipasi bencana alam, membuat buku panduan dan kegiatan gladi ruangan bersama instansi terknis terkait .

"Pembangunan posko bencana kita telah berkoordinasi dengan pihak desa, kelurahan dan kecamatan yang rawan bencana, sedangkan gladi ruangan melibatkan instansi teknis yakni Dinas Sosial, Pemadam Kebakaran, Badan SAR, dan BMKG Maluku" katanya.(ant/rd)

Wall Street Berakhir Naik Lebih Tinggi

Saham-saham di Wall Street terdorong lebih tinggi pada Jumat (Sabtu pagi WIB), memulai kembali kenaikan mereka dan mengabaikan beberapa hasil laba mengecewakan dengan S&P 500 ditutup pada rekor baru.

Dolar AS Melonjak Didukung Data Ekonomi Positif

Kurs dolar AS melonjak terhadap mata uang utama lainnya pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena data ekonomi terbaru yang keluar dari negara itu secara keseluruhan positif, memacu ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga tahun ini.

Harga Minyak Dunia Turun

Harga minyak dunia turun pada Jumat (Sabtu pagi WIB), setelah data menunjukkan peningkatan aktivitas dalam pengeboran minyak AS sehingga menambah kekhawatiran tentang kelebihan pasokan.

Emas Turun Tertekan Penguatan Data dan Dolar AS

Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir turun pada Jumat (Sabtu pagi WIB), karena data ekonomi dan dolar AS yang lebih kuat menekan emas.

BBB Tampilkan Dua Komponis Muda

Bentara Budaya Bali (BBB), lembaga kebudayaan nirlaba Kompas-Gramedia di Ketewel, Kabupaten Gianyar menampilkan dua komponis muda untuk mengkreasi sejumlah komposisi sebagai respon atas tema utama "A Tribute to Lotring" yang digelar, Minggu (24/7).