Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

BPN Sasar Tiga Golongan Sertifikasi Tanah 2013

bpn, badan pertanahan nasional, bekasi, sertifikasi tanah

Posted on 09 Jan 2013. Hits : 579

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan memprioritaskan sertifikasi tanah bagi tiga golongan masyarakat mulai 2013.

"Kami memprioritaskan sertifikasi tanah bagi masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, masyarakat pinggiran serta masyarakat berpenghasilan rendah (MBR)," kata Kepala BPN Kabupaten Bekasi, Budi Suryanto, di Bekasi, Rabu.

Menurut dia, program tersebut akan dikoordinasikan dengan pemerintah daerah dan Badan Pusat Statistik (BPS) setempat.

Menurut Budi, koordinasi dengan pemerintah daerah sangat perlu guna mengetahui berapa banyak warga yang nantinya mendapat sertifikasi atas tanahnya secara tepat sasaran.

Pembuatan sertifikat gratis bagi masyarakat pinggiran di Kabupaten Bekasi ditargetkan mencapai 5.250 sertifikat.

"Data warga yang akurat sangat kami perlukan khususnya pemerintah tingkat bawah yakni aparatur desa," Kata Budi.

Pada 2013, kata dia, proyek nasional agraria (PRONA) serta pertanian juga terus dilakukan selaras dengan sektor koperasi.

"Namun untuk prona dan pertanian terus dilakukan sebagaimana di tahun 2012, dimana angka prona kemungkinan masih tetap sama atau di level 5.000 bidang tanah," katanya.

Selama tahun 2012, kata dia, pihaknya juga telah menyelesaikan sekitar 60.000 permohonan sertifikasi tanah yang dinilai meningkat signifikan jika dibanding tahun 2011.

"Peningkatan ini kemungkinan akibat jumlah penduduk yang semakin meningkat di Kabupaten Bekasi setiap tahun," katanya. (ant/ed)

Ahmad Hijazi Diangkat Sebagai Sekda Riau

Presiden RI Joko Widodo menetapkan Ahmad Hijazi menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Riau melalui Keputusan Presiden (kepres) nomor 73/TPA Tahun 2016 tentang Pengangkatan dalam jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Riau.

Kelompok Tani Alami Krisis

Para petani sawah lahan pasang surut di Lahimbua, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengharapkan bantuan pemerintah setempat maupun pemerintah pusat untuk mengolah lahan mereka.

Perambahan Liar Akibatkan Krisis Air

Yayasan Kanopi Bengkulu menyatakan kerusakan hutan lindung Bukit Daun akibat perambahan liar di Kabupaten Rejanglebong, Bengkulu, yang mencapai 3.

Jelang Idul Adha, Harga Sapi Merangkak Naik

Harga sapi di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melonjak signifikan antara Rp1 juta hingga Rp5 juta dua minggu setelah Lebaran 2016.

Menjadi Tren Dunia, Wisata Kuliner Akan Hadir di Pulau Dewata

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Denpasar ingin menggarap wisata gastronomi atau wisata kuliner yang potensial di Ibu Kota Provinsi Bali itu.