Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Bupati: Konservasi Penyu Jadi Kebanggaan Mukomuko

konservasi penyu, bengkulu, bantuan insentif

Posted on 27 Feb 2013. Hits : 296

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu Ichwan Yunus menyatakan konservasi penyu di daerah tersebut yang masih aktif hingga saat ini menjadi kebanggaan masyarakat setempat.

"Satu-satunya konservasi penyu yang masih aktif di Provinsi Bengkulu ada di daerah ini," kata dia di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan konservasi penyu di daerah itu dikelola oleh kelompok "Penyu Lestari" Desa Retakilir. Mereka melakukan aktivitas konservasi penyu sejak 2009 hingga saat ini.

Selama aktivitasnya, kata dia, kelompok tersebut telah berhasil melepas 5.934 ekor tukik atau anak penyu ke habitat alamnya.

Pemerintah setempat akan terus memfasilitasi upaya yang dilakukan oleh kelompok tersebut melalui penyediaan sarana dan prasarana yang mereka butuhkan.

Selain itu, kata dia, kontribusi lain yang rutin diberikan oleh pemerintah setempat, berupa bantuan insentif guna memotivasi peningkatan konservasi penyu oleh anggota kelompok tersebut.

Meskipun nilainya tidak besar, kata dia, bantuan dari pemerintah setempat itu minimal dapat meringankan mereka dalam menjalankan aktivitasnya.

Anggota Kelompok "Penyu Lestari" Khairul menyatakan terus menjaga wilayah konservasi penyu di wilayahnya dari aktivitas penebangan liar, termasuk penambangan ilegal emas yang dilakukan oleh oknum warga.

Oleh karena lokasi itu sudah ditetapkan sebagai wilayah konservasi oleh desa setempat, katanya, setiap aktivitas selain konservasi, tidak diperbolehkan dilakukan di wilayah tersebut.

"Kami sudah pernah mengusir penambang liar yang masuk di wilayah ini, dan sekarang mereka sudah pergi," katanya.(ant/rd)

Garuda Berencana Layani Penerbangan Langsung Tarakan-Cengkareng

Maskapai PT Garuda Indonesia berencana mulai 17 Oktober 2016 melayani penerbangan langsung dari Bandara Juwata, Tarakan, ke Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, kata Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie.

Menteri BUMN Resmikan Hotel Indonesia Group

Menteri BUMN Rini M. Soemarno resmi meluncurkan sinergi hotel yang dimiliki BUMN dalam Hotel Indonesia Group (HIG) di Jakarta, Rabu.

14 Negara Ramaikan Indonesia International Book Fair

Sebanyak 14 negara ikut meramaikan "Indonesia International Book Fair 2016" di JCC Senayan, Jakarta, 28 September hingga 2 Oktober.

UMY-Kedutaan Prancis Galakkan Pola Hidup Sehat

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta bekerja sama dengan Kedutaan Besar Prancis menggalakkan penerapan pola hidup sehat di kalangan mahasiswa melalui konsumsi produk organik.

Sikap Hedonis Dorong Orang Lakukan Penipuan

Akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Prof Azyumardi Azra menilai sikap hedonis telah mendorong orang untuk melakukan penipuan sebagaimana yang terjadi pada kasus penggandaan uang pengasuh Padepokan Dimas Kanjeng Taat Pribadi di Probolinggo.