Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Dinkes Banjarmasin Berhasil Tekan Angka Penderita Ispa

pemkot banjarmasin, dinkes, tekan angka penderita ispa, infeksi saluran pernapassan atas

Posted on 16 Oct 2013. Hits : 229

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui Kantor Dinas Kesehatan setempat berhasil menekan angka penderita penyakit infeksi saluran pernapasan atas (Ispa).

'Walau saat ini udara kota setempat penuh asap, namun data dinas kesehatan setempat menunukkan jumlah penderita Ispa pada Januari hingga sekarang (Oktober) rata-rata, antara 6.000 hingga 7.000 orang per bulan,' kata Kepala Dinkes Kota Banjarmasin drg Hj Diah R Praswati, Rabu.

Ia menyebutkan berdasarkan pengalaman setiap tahun warga yang kena Ispa di musim udara berasap tersebut sedikitnya 40 ribu orang per bulan.

'Tetapi nyatanya hasil data di seluruh tempat pemeriksaan kesehatan, jumlah penderita isspa dari Januari hingga sekarang rata-rata antara 6.000 hingga 7.000 orang saja per bulan.

Menurunnya penyebaran penyakit Ispa tersebut berkat adanya berbagai upaya yang dilakukan petugas kesehatan, petugas kecamatan, dan petugas kelurahan.

Ia mengatakan bahwa upaya pencegahan penyakit tersebut dapat dilakukan, antara lain melalui tata laksana Ispa, melalui petugas kesehatan dan petugas yang ada di 26 puskesmas di Banjarmasin.

Para petugas kesehatan tersebut terus melakukan penyuluhan kepada kantong-kantong masyarakat yang riskan terkena udara berasap, seperti di wilayah pinggiran kota, atau pengguna lalu-lintas.

Petugas kesehatan juga selalu siap siaga membagikan secara gratis sebanyak 48 ribu buah masker kepada masyarakat untuk menghindari udara berasap.(ant/rd)

Turki Segera Selesaikan Berkas Ekstradisi Fethullah Gulen

Turki diperkirakan dalam 10 hari sudah selesai menyiapkan berkas untuk meminta Amerika Serikat mengekstradisi ulama Fethullah Gulen, yang dituding Ankara sebagai otak percobaan kudeta di Turki, kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu, Sabtu.

Standard Chartered Resmikan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak

Bank Standard Chartered Indonesia menghadirkan Pusat Pemeriksaan Mata Khusus Anak pertama di Indonesia Timur yang terletak di Rumah Sakit Pendidikan Universitas Hasanuddin, Makassar, sebagai bagian dari program global tanggung jawab sosial perusahaan "Seeing is Believing.

Pengusaha Tertarik Investasi Industri Buah

Salah seorang pengusaha sukses di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan, Bahrian Noor tertarik untuk mengembangkan industri buah-buahan di kabupaten tersebut, terutama jeruk untuk meningkatkan kesejahteran petani sekaligus memberdayakan masyarakat sekitar.

Kota Gorontalo Bebas Dari Vaksin Palsu

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Gorontalo mengatakan bahwa daerah tersebut bebas dari peredaran vaksin palsu, seperti marak diberitakan saat ini.

Piyu Berharap Personel Padi Bisa Hibur Sobatnya

Gitaris PADI Piyu berharap bisa kembali menghibur para Sobat PADI (sebutan fans) dalam sebuah konser yang dihadiri seluruh personel yang belakangan fokus dengan proyek masing-masing.