Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Dinkes Banjarmasin Berhasil Tekan Angka Penderita Ispa

pemkot banjarmasin, dinkes, tekan angka penderita ispa, infeksi saluran pernapassan atas

Posted on 16 Oct 2013. Hits : 229

Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, melalui Kantor Dinas Kesehatan setempat berhasil menekan angka penderita penyakit infeksi saluran pernapasan atas (Ispa).

'Walau saat ini udara kota setempat penuh asap, namun data dinas kesehatan setempat menunukkan jumlah penderita Ispa pada Januari hingga sekarang (Oktober) rata-rata, antara 6.000 hingga 7.000 orang per bulan,' kata Kepala Dinkes Kota Banjarmasin drg Hj Diah R Praswati, Rabu.

Ia menyebutkan berdasarkan pengalaman setiap tahun warga yang kena Ispa di musim udara berasap tersebut sedikitnya 40 ribu orang per bulan.

'Tetapi nyatanya hasil data di seluruh tempat pemeriksaan kesehatan, jumlah penderita isspa dari Januari hingga sekarang rata-rata antara 6.000 hingga 7.000 orang saja per bulan.

Menurunnya penyebaran penyakit Ispa tersebut berkat adanya berbagai upaya yang dilakukan petugas kesehatan, petugas kecamatan, dan petugas kelurahan.

Ia mengatakan bahwa upaya pencegahan penyakit tersebut dapat dilakukan, antara lain melalui tata laksana Ispa, melalui petugas kesehatan dan petugas yang ada di 26 puskesmas di Banjarmasin.

Para petugas kesehatan tersebut terus melakukan penyuluhan kepada kantong-kantong masyarakat yang riskan terkena udara berasap, seperti di wilayah pinggiran kota, atau pengguna lalu-lintas.

Petugas kesehatan juga selalu siap siaga membagikan secara gratis sebanyak 48 ribu buah masker kepada masyarakat untuk menghindari udara berasap.(ant/rd)

Pengemudi 'Brio Maut' Negatif Gunakan Narkoba

Penyidik Laka Lantas Polrestabes Bandung menyebut tes urine yang dilakukan terhadap IM (19) pengemudi Honda Brio yang menyeruduk sepeda motor yang dikendarai IT (32) hingga tewas, negatif menggunakan zat psikotoprika.

Mubarokfood Akan Kurangi Penggunaan Kayu Bakar

Produsen jenang Kudus, Jawa Tengah, Mubarokfood akan mengurangi penggunaan bahan bakar kayu untuk proses pembuatan jenang.

Tapin Kembangkan Sapi Betina Melalui Inseminasi Buatan

Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, mengembangkan sapi betina melalui program inseminasi buatan dan program sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab) untuk mendukung program nasional.

Empat Departemen ITS Kembali Raih Sertifikasi Internasional

Empat departemen di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali berhasil meraih sertifikasi internasional yakni dari ASEAN United Network Quality Assessment (AUN-QA) pada akhir tahun 2016 lalu.

Elemen Masyarakat Diajak Citra Danau Toba

Elemen masyarakat diajak untuk menjaga citra positif Danau Toba di Sumatera Utara dalam upaya mendukung program Pemerintah Pusat menjadikan kawasan itu sebagai tujuan wisata Nasional dan Dunia.