Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Dishub : Elf Tabrakan Tidak Dilengkapi KIR

angkutan umum elf, dinas perhubungan, tabrakan tunggal

Posted on 27 Mar 2013. Hits : 388

Dinas Perhubungan menyatakan angkutan umum elf yang mengalami tabrakan tunggal hingga menewaskan empat penumpang di jalur Warung Peuteuy, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (25/3), tidak dilengkapi persyaratan uji KIR atau layak beroperasi.

"Kepemilikan STNK kendaraan itu pak Toni alamat Taraju, terakhir uji KIR tahun 2008, berarti sudah lima tahun tidak uji KIR," kata Kepala Bidang Angkutan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tasikmalaya, Sunaryo kepada wartawan, Selasa.

Ia menyebutkan sesuai aturan yang berlaku, kendaraan umum atau kendaraan bermotor wajib diperiksa kelayakannya setiap enam bulan sekali oleh petugas Dishub.

Sementara mobil elf nomor polisi Z7581NB jurusan Kota Tasikmalaya-Taraju-Singajaya, kata Sunaryo mendapatkan izin operasi dan trayeknya bukan dari Dishub Kabupaten Tasikmalaya, melainkan Provinsi.

"Kendaraan yang bersangkutan merupakan angkutan antar daerah provinsi, jadi trayeknya tidak dikeluarkan kabupaten tapi provinsi," katanya.

Namun petugas Dishub daerah, kata Sunaryo, hanya menjalankan tugas menertibkan kendaraan angkutan orang atau barang yang tidak dilengkapi surat-surat resmi atau menyalahi aturan berlalu lintas.

Jika menemukan ada kendaraan tidak dilengkapi surat telah uji KIR, lanjut Sunaryo, maka akan mendapatkan sanksi tilang dan dilarang beroperasi.

"Kalau terbukti tidak membawa surat-surat izin trayek atau sudah habis, itu ditilang saat kita melakukan pengawasan," katanya.

Sementara itu, mini bus bermuatan penumpang 18 orang mengalami kecelakaan tunggal dan masuk jurang saat melintasi tikungan di Kampung Cimawate, Desa Sukakarsa, Kecamatan Salawu, Senin sekitar pukul 17.30 WIB.(ant/rd)

Pengemudi 'Brio Maut' Negatif Gunakan Narkoba

Penyidik Laka Lantas Polrestabes Bandung menyebut tes urine yang dilakukan terhadap IM (19) pengemudi Honda Brio yang menyeruduk sepeda motor yang dikendarai IT (32) hingga tewas, negatif menggunakan zat psikotoprika.

Mubarokfood Akan Kurangi Penggunaan Kayu Bakar

Produsen jenang Kudus, Jawa Tengah, Mubarokfood akan mengurangi penggunaan bahan bakar kayu untuk proses pembuatan jenang.

Tapin Kembangkan Sapi Betina Melalui Inseminasi Buatan

Pemerintah Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, mengembangkan sapi betina melalui program inseminasi buatan dan program sapi indukan wajib bunting (Upsus Siwab) untuk mendukung program nasional.

Empat Departemen ITS Kembali Raih Sertifikasi Internasional

Empat departemen di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya kembali berhasil meraih sertifikasi internasional yakni dari ASEAN United Network Quality Assessment (AUN-QA) pada akhir tahun 2016 lalu.

Elemen Masyarakat Diajak Citra Danau Toba

Elemen masyarakat diajak untuk menjaga citra positif Danau Toba di Sumatera Utara dalam upaya mendukung program Pemerintah Pusat menjadikan kawasan itu sebagai tujuan wisata Nasional dan Dunia.