Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Disporabudpar: Festival Teater Modern Untuk Lestarikan Budaya

menggelar festival teater modern, genarasi muda

Posted on 06 May 2013. Hits : 261

Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, menggelar festival teater modern sebagai salah upaya untuk melestarikan budaya lokal.

"Festifal teater diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang terbagi menjadi beberapa group," kata Kepala Bidang Kebudayaan, Disporabudpar Kabupaten Kotabaru Muhammad Yamin di Kotabaru, Senin.

Festival teater modern itu hasil kolaborasi budaya lokal yang dikemas dengan "bumbu-bumbu" teater yang menggambarkan zaman modern.

Tujuannya, katanya, agar budaya yang lebih mengedepankan kearifan lokal tidak ditinggalkan dan masih tetap dicintai oleh genarasi muda saat ini yang hidup di zaman modernisasi.

Dia menjelaskan untuk kelompok peserta dari tingkat SD dibagi menjadi empat grup, SMP enam grup, dan SMA sembilan grup. Setiap grup beranggotakan 10-24 pelajar.

Juri festival teater modern tersebut, lima orang. Mereka menilai para peserta teater yang berasal dari Banjarmasin dan tiga orang berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu.

"Beberapa macam kisah judul yang diperankan dalam teater modern, mulai kisah Malin Kundang, Bawang Merah, dan Bawang Putih," katanya.

Selain upaya melestarikan budaya lokal, festival teater modern juga untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional 2013.

"Dimana tingkat pendidikan di Indonesia dinilai masih kurang, banyak masih anak-anak yang tidak sekolah dikarenakan beberapa faktor mulai lingkungan sampai pergaulan," katanya.(ant/rd)

Produsen Baja BlueScope Sasar Ritel Buka 'Outlet'

Produsen baja lapis PT NS BlueScope Indonesia tengah melakukan ekspansi pasar ritel dengan membuka gerai "outlet" di sejumlah wilayah guna mencapai pertumbuhan dua digit pada 2017.

Pemerintah Diharapkan Permudah Izin Usaha Perajin Mebel-Kerajinan

Pemerintah diharapkan mempermudah proses perizinan usaha bagi para perajin mebel dan kerajinan dalam mengembangkan produknya, kata Ketua Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Timbul Raharjo.

Indonesia 10 Besar Tujuan Investor Tiongkok

Laporan riset dari Property Guru Group menyatakan bahwa Indonesia masuk dalam daftar 10 besar negara tujuan investor Tiongkok untuk membeli properti di luar negeri dengan tujuan pendidikan, emigrasi, investasi dan gaya hidup.

Realisasi Penebaran Benih Ikan 'Restocking' 14,2 Juta

Kementerian Kelautan dan Perikanan mengungkapkan realisasi penebaran benih dalam rangka "restocking" di perairan umum secara nasional hingga Agustus 2016 telah mencapai 14,2 juta ekor.

Belanja Pembangunan Infrastruktur Tak Dipotong

Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo mengatakan pagu belanja untuk pembangunan sarana infrastruktur tidak akan mengalami pemotongan, meski pemerintah sedang melakukan penyesuaian dalam struktur anggaran belanja.