Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

DPRD Akui Tidak Maksimal Awasi Penggunaan Anggaran

dewan perwakilan rakyat daerah, yohanis eluay, pengawasan penggunaan anggaran

Posted on 31 May 2013. Hits : 201

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jayapura, Yohanis Eluay mengakui pihaknya tidak maksimal dalam melakukan pengawasan penggunaan anggaran.

'Bagaimana ingin maksimal jika pihak eksekutif belum menyerahkan salinan Daftar Pelaksaan Anggaran (DPA),' ujar Yohanis kepada Antara di Sentani, Jumat.

Ia mengtakan pihaknya sudah dua kali meminta salinan Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA) tersebut kepada pihak eksekutif, baik melalui surat resmi, namun hingga sekarang masih belum ada tanda-tanda akan diserahkan.

Seharusnya salinan DPA tersebut sudah diserahkan ke DPRD setelah ditetapkannya anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2013. Kini sudah memasuki bulan kedua setelah penetapan APBD 2013, naman pihak DPRD belum menerima salinan DPA tersebut.

'Berdasarkan ketentuan, seluruh pimpinan dan anggota DPRD berhak mendapatkan salinan DPA tersebut karena DPA merupakan salah satu bahan untuk melakukan pengawasan penggunaan anggaran,' urainya.

Yohanis menjelaskan dirinya selaku ketua dewan menyayangkan hal ini,karena sudah dua kali menyurati eksekutif untuk meminta DPA dinas-dinas agar disosialisasikan dan pengawasan pembangunan sesuai dengan wewenang DPR. Namun, hingga saat ini belum satupun diserahkan, sementara kegiatan sudah berjalan yang sekarang ini sudah menuju ketahapan fisik.

'Alasan pihak eksekutif belum menyerahkan salinan DPA tersebut tidak jelas, bahkan pihak eksekutif terkesan menyembunyikan DPA tersebut dengan tidak menyerahkan salinannya. Apabila DPA tersebut tidak segera diserahkan maka pengawasan DPRD terhadap penggunaan anggaran APBD 2013 tidak dapat maksimal dan hal itu rawan terjadi penyelewengan anggaran,' katanya.(ant/rd)

Depot Baubau Dijadikan Penampungan BBM Avtur

Depot Pertamina Kota Baubau Sulawesi Tenggara akan dijadikan sebagai tempat untuk menampung bahan bakar minyak (BBM) pesawat terbang jenis avtur.

Ayah Ajak Anak Dunuh Diri Mulai Diadili

David Nugroho, seorang ayah yang mengajak bunuh diri dua anaknya mulai diadili di Pengadilan Negeri Semarang, Jawa Tengah, Selasa.

18.161 Personel Gabungan Dikerahkan Jaga Raja Salman

TNI-Polri mengerahkan 18.161 personel untuk mengamankan kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud pada 1 Maret - 9 Maret 2017 dan Pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) ke-20 tahun 2017 pada 6-7 Maret 2017 di Indonesia.

BPS Ingatkan Pemerintah Berhenti Mencari Data Sempurna

Badan Pusat Statistik mengingatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk berhenti mencari data statistik yang sempurna dan lebih baik dalam membuat keputusan atau kebijakan sesuai fakta di lapangan.

Persatuan Becak Motor Tunggu Desain Prototipe

Persatuan Becak Motor Yogyakarta masih menunggu desain prototipe becak motor yang pernah ditawarkan akan dibuatkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta sehingga memenuhi standar kelaikan dan keamanan serta aspek legalitas.