Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

DPRD Semarang Pastikan Tidak Ada Lagi Penambangan

lokasi penambangan, rekomendasi penutupan, pantauan lapangan

Posted on 02 Apr 2013. Hits : 182

Komisi C DPRD Kota Semarang akan memantau ke sejumlah lokasi penambangan untuk memastikan tidak ada lagi kegiatan penambangan di Ibu Kota Jawa Tengah setelah ada rekomendasi penutupan.

"Kami akan melakukan pantauan lapangan. Apalagi setelah ada rekomendasi penutupan penambangan, Pemerintah Kota Semarang juga menyatakan bahwa penambangan yang dapat merusak lingkungan harus ditutup," kata Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang Wiwin Subiyono di Semarang, Senin.

Ia mengatakan jika saat pemantauan lapangan masih ditemukan penambangan yang dapat mengakibatkan kerusakan lingkungan, pihaknya berharap pihak kepolisian dapat membantu bertindak.

"Kalau Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) tentu belum bisa karena Kota Semarang belum memiliki peraturan daerah yang mengatur penambangan, sehingga perlu bantuan dari kepolisian," katanya.

Selain melakukan pemantauan lapangan, pihaknya juga berharap masyarakat dapat aktif ikut melakukan pantauan dan melaporkan jika ada kegiatan penambangan di daerahnya.

Sebelumnya, hasil rapat Komisi C DPRD Kota Semarang bersama dengan penambang (hanya dua penambang dari Sukorejo dan Mangunharjo yang hadir, red.), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polrestabes, dan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait pada 25 Maret 2013 merekomendasikan agar seluruh kegiatan penambangan di Kota Semarang ditutup karena tidak berizin dan merusak lingkungan.

Menyikapi rekomendasi tersebut, Pelaksana Tugas Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengaku mendukung penutupan terhadap penambangan yang merusak lingkungan.

"Pemkot Semarang sangat setuju. Kalau tidak sesuai aturan dan merusak lingkungan memungkinkan untuk ditutup," katanya.(ant/rd)

Konferensi RCE Akan Diadakan di UGM

Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menjadi tuan rumah Konferensi "Global Regional Center of Expertise" (RCE) ke 10 pada 22-25 November 2016, demikian pernyataan dari UGM yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Kabut Tebal Selimuti Bengkalis

Kabut asap tebal dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karlahut) mulai menyelimuti Kabupaten Bengkalis tepatnya di Kecamatan Mandau Dan Kecamatan Pinggir.

Dua Penyandang Disabilitas Raih Sarjana UI

Dua orang mahasiswa berkebutuhan khusus (disabilitas) berhasil meraih gelar sarjana di Universitas Indonesia (UI) setelah mampu menyelesaikan studi selama 4 tahun dan 4,5 tahun, dan mengikuti wisuda hari ini.

Presiden Hadiri Kontes Domba

Presiden Joko Widodo menghadiri temu wicara dan kontes domba garut yang diselenggarakan di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Sabtu.

Praktik Ekonomi Kapitalis Hancurkan Perajin Songket

Ketua Forum Pemerhati Perajin dan Pengusaha Songket Silungkang Sawahlunto (FP3S3) Provinsi Sumatera Barat Fidel Arifin menyatakan praktik ekonomi kapitalis telah menghancurkan para perajin songket daerah ini.