Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Gebyar Hardiknas Momentum Pertahankan DIY Kota Pendidikan

gebyar hari pendidikan nasional daerah istimewa yogyakarta , barometer pendidikan,

Posted on 29 Apr 2013. Hits : 191


Gebyar Hari Pendidikan Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta yang digelar pada 29 April hingga 2 Mei di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menjadi momentum untuk mempertahankan daerah itu sebagai Kota Pendidikan.

"Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selalu menjadi barometer pendidikan di Indonesia dan kondisi ini harus selalu terus dipertahankan," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikpora) DIY Baskara Aji saat membuka Gebyar Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, upaya untuk mempertahankan predikat sebagai barometer pendidikan tersebut lebih sulit bila dibanding dengan upaya mencapainya.

Baskara menyebut, kualitas pendidikan di DIY dari tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga perguruan tinggi cukup bagus, terbukti dari prestasi yang diraih oleh masing-masing jenjang tersebut.

"Setiap kali sekolah-sekolah tersebut dikirim untuk mengikuti olimpiade atau kejuaraan, pasti akan menjadi juara," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Gebyar Hardiknas Suroyo mengatakan tujuan dari kegiatan tersebut adalah mewujudkan komponen pendidikan formal dan nonformal dari tingkat taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi dengan lebih baik.

"Akan ada berbagai kegiatan pendukung, seperti pentas seni, lomba membatik, pameran pendidikan, serta upacara dan ziarah," katanya.

Dalam pameran pendidikan, ditampilkan sejumlah prestasi siswa di DIY seperti prestasi dari siswa yang mengikuti Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). (ant/ed)

Kemkes Gelar Periksa Deteksi Kanker Mata Gratis

Kementerian Kesehatan menggelar pemeriksaan deteksi kanker bola mata atau retinablastoma secara gratis pada 200 anak dalam memperingati Hari Kanker Anak Dunia yang jatuh pada 22 Februari.

Pemkab Tangerang Ukur Ulang 26 Situ Rusak

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan pengukuran ulang terhadap 26 situ (rawa) yang rusak untuk dilakukan normalisasi.

Strategi Kemenperin Dongkrak Industri Padat Karya

Produk industri dalam negeri dipacu agar lebih berdaya saing agar mampu menjadi pemenang perdagangan di kancah global sehingga Kementerian Perindustrian mengusulkan insentif berupa pemotongan pajak penghasilan (PPh) untuk industri padat karya yang berorientasi ekspor.

Jatim Akan Luncurkan "e-Smart Samsat"

Pemerintah Provinsi bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur akan meluncurkan program "e-Smart Samsat" untuk memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Heryawan Instruksikan Moratorium Izin Pembangunan Kawasan Banjir

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menginstruksikan Pemerintah Kota Bekasi untuk segera menyetop seluruh perizinan pembangunan di seluruh kawasan rawan banjir mulai 2017.