Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Gelar TTG Ajang Belajar Teknologi

irwan prayitno, gelar teknologi tepat guna nasional 2013, ajang praktis masyarakat, belajar teknologi

Posted on 14 Sep 2013. Hits : 506

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional 2013 menjadi ajang praktis masyarakat untuk belajar dan mencontoh teknologi yang dikembangkan suatu daerah.

'Masyarakat dan pemangku kepentingan daerah agar menjadikan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional 2013 sebagai wadah motivasi dan pembelajaran,' katanya di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan masyarakat Sumbar sebagai tuan rumah acara tersebut harus memanfaatkan kegiatan itu untuk belajar teknologi tepat guna.

Sumbar sebagai tuan rumah Gelar TTG Nasional XV pada 26-30 September 2013. Rencananya, kegiatan di Lapangan GOR Agus Salim Padang itu akan dibuka oleh Presiden RI.

Hal itu, katanya, sebagai suatu yang positif daerah untuk belajar secara praktis tentang teknologi yang dikembangkan oleh daerah lain.

Ia mengatakan kegiatan itu diikuti seluruh provinsi di Indonesia, antara lain berupa pameran teknologi yang dihasilkan masyarakat baik sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, serta bidang industri mikro, keci, dan menengah.

'Jadi, suatu kesempatan bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meniru produk teknologi yang sudah dihasilkan masyarakat provinsi lainnya dalam meningkatkan atau pengolahan ragam produk di berbagai bidang tersebut,' katanya.

Selain itu, katanya, Gelar TTG Nasional merupakan momentum untuk masyarakat Sumbar ikut memamerkan teknologi yang dihasilkan.

Sebab, katanya, teknologi tepat guna yang dihasilkan masyarakat atau kelompok masyarakat di Sumbar sudah ada yang diikutkan dalam pameran di tingkat nasional, bahkan ada yang telah mendapatkan penghargaan.

'Yang berprestasi silahkan untuk menampilkan pada Gelar TTG Nasional nanti. Tahun lalu pelaksanaan TTG tingkat nasional di Kepulauan Riau, teknologi dari Pesisir Selatan dan Tanah Datar ditampilkan,' ujarnya.

Menurut dia, teknologi yang ditampilkan adalah hasil karya masyarakat, bukan hasil industri atau perguruan tinggi.

'Makanya harus terus didorong,' katanya.

Selama ini, katanya, pemerintah daerah memberikan apresiasi dengan memberi penghargaan dan bonus untuk biaya pembinaan terhadap mereka yang berhasil melakukan kreatifitas.(ant/rd)

Trump Pilih Eksekutif Goldman Sachs untuk Pos Ekonomi Utama

Presiden terpilih AS Donald Trump telah memilih seorang eksekutif Goldman Sachs untuk kepala Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, media lokal melaporkan pada Jumat.

Pabrik Garam Farmasi Pertama di Indonesia Mulai Beroperasi

Pabrik Garam Farmasi I di Watudakon, Jombang, Jawa Timur, yang merupakan pabrik bahan baku obat pertama di Indonesia yang dikembangkan bersama oleh BPPT dan PT Kimia Farma mulai beroperasi pada 8 Desember 2016.

Masyarakat Perbatasan Gelar Festival Makanan Tradisional

Masyarakat desa di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menggelar pawai akhir tahun dengan tema Festival Makanan Tradisional dan Pengembangan Desa Hijau, 9 - 12 Desember 2016.

Semen Indonesia Bantu Rp500 Juta Korban Gempa Aceh

PT Semen Indonesia Tbk memberi sumbangan sebesar Rp500 juta untuk meringankan beban para pengungsi dan korban gempa berkekuatan 6,5 skala richter di Kabupaten Pidie Jaya, dan sebagian Kabupaten Pidie dan Bireuen.

Wapres Resmikan Enam Proyek di Sulbar

Wakil Presiden Jusuf Kalla menandatangani prasasti enam proyek infrastruktur Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Mamuju, Sabtu.