Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Gelar TTG Ajang Belajar Teknologi

irwan prayitno, gelar teknologi tepat guna nasional 2013, ajang praktis masyarakat, belajar teknologi

Posted on 14 Sep 2013. Hits : 506

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional 2013 menjadi ajang praktis masyarakat untuk belajar dan mencontoh teknologi yang dikembangkan suatu daerah.

'Masyarakat dan pemangku kepentingan daerah agar menjadikan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional 2013 sebagai wadah motivasi dan pembelajaran,' katanya di Padang, Sabtu.

Ia mengatakan masyarakat Sumbar sebagai tuan rumah acara tersebut harus memanfaatkan kegiatan itu untuk belajar teknologi tepat guna.

Sumbar sebagai tuan rumah Gelar TTG Nasional XV pada 26-30 September 2013. Rencananya, kegiatan di Lapangan GOR Agus Salim Padang itu akan dibuka oleh Presiden RI.

Hal itu, katanya, sebagai suatu yang positif daerah untuk belajar secara praktis tentang teknologi yang dikembangkan oleh daerah lain.

Ia mengatakan kegiatan itu diikuti seluruh provinsi di Indonesia, antara lain berupa pameran teknologi yang dihasilkan masyarakat baik sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan, serta bidang industri mikro, keci, dan menengah.

'Jadi, suatu kesempatan bagi masyarakat dan pemerintah daerah untuk meniru produk teknologi yang sudah dihasilkan masyarakat provinsi lainnya dalam meningkatkan atau pengolahan ragam produk di berbagai bidang tersebut,' katanya.

Selain itu, katanya, Gelar TTG Nasional merupakan momentum untuk masyarakat Sumbar ikut memamerkan teknologi yang dihasilkan.

Sebab, katanya, teknologi tepat guna yang dihasilkan masyarakat atau kelompok masyarakat di Sumbar sudah ada yang diikutkan dalam pameran di tingkat nasional, bahkan ada yang telah mendapatkan penghargaan.

'Yang berprestasi silahkan untuk menampilkan pada Gelar TTG Nasional nanti. Tahun lalu pelaksanaan TTG tingkat nasional di Kepulauan Riau, teknologi dari Pesisir Selatan dan Tanah Datar ditampilkan,' ujarnya.

Menurut dia, teknologi yang ditampilkan adalah hasil karya masyarakat, bukan hasil industri atau perguruan tinggi.

'Makanya harus terus didorong,' katanya.

Selama ini, katanya, pemerintah daerah memberikan apresiasi dengan memberi penghargaan dan bonus untuk biaya pembinaan terhadap mereka yang berhasil melakukan kreatifitas.(ant/rd)

10 Mahasiswa Asing Belajar Jamu Di UGM

Sebanyak 10 mahasiswa dari berbagai negara mendalami pengobatan tradisional dan tanaman obat Indonesia serta belajar mengenal jamu sebagai obat herbal asli Indonesia, dalam program "Summer Course" tahun 2016, di Universitas Gadjah Mada (UGM).

UGM Expo Rebut Perhatian Puluhan Ribu Pengunjung

Pelaksanaan UGM Expo 2016 yang memamerkan hasil-hasil riset karya mahasiswa berhasil merebut perhatian puluhan ribu pengunjung.

Mendikbud: Pendidikan Karakter Untuk Pengembangan Diri Siswa

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) penting agar siswa mampu mengembangkan diri sesuai kemampuan dan keunggulan masing-masing.

HAJI - Misi Indonesia Soroti Penyewaan Kursi Roda Mina

Misi Haji Indonesia meminta agar muassasah melakukan pengaturan dan standar harga penyewaan kursi roda di Mina, untuk memudahkan jamaah haji resiko tinggi melakukan lontar jumroh.

IFI Kenalkan Film Animasi Prancis Ke Indonesia

Institut Prancis di Indonesia memperkenalkan karya-karya film animasi Prancis untuk di putar di Indonesia dengan format festival.