Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Gubernur: Ninik Mamak Jaga Dan Lestarikan Adat

irwan prayitno, ninik mamak, kerapatan adat nagari

Posted on 16 May 2013. Hits : 168

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengharapkan peranan 'ninik mamak' (pemangku adat) yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari (KAN) mampu mengurus dan menjaga serta melestarikan adat dan aset nagari (desa adat).

'Kepedulian adat dan agama dapat terlihat dari keseriusan ninik mamak dalam menjalankan tugasnya sehingga kegiatan ini dapat menunjang peningkatan SDM dapat dijalankan,' katanya saat pengukuhkan Kerapatan Adat Nagari (KAN) Saniang Baka Kecamatan x Koto Singkarak Kabupaten Solok, Kamis.

Dia mengapresiasi kinerja Bupati solok yang telah memprakarsai program MTTS dimana program tersebut sangat memperhatikan terhadap kepedulian adat dan agama serta telah menganggarkan dalam APBD sehingga bisa menjadi percontohan bagi daerah lain.

Sementara Bupati Solok Syamsu Rahim mengingatkan kepada ninik mamak untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) agar paham dengan masalah kekinian dan tidak dianggap remeh oleh anakkemanakan.

'Kalau seandainya ninik mamak tidak paham terhadap permasalahan terbaru, mereka akan kesulitan dalam menyelesaikan permasalah yang terjadi saat ini, dimana ilmu pengetahuan sudah berkembang begitu maju,' ujarnya.

Sementara fungsi KAN diharapkan sebagai lembaga peradilan adat dalam menyelesaikan perselisihan sako dan pusako. Selain itu, KAN tidak dapat dipisahkan dari pemerintahan daerah karena KAN merupakan unsur pimpinan informal dalam pemerintahan Minangkabau.

KAN harus berfungsi sebagai lembaga nagari yang mengurus dan menjaga serta melestarikan adat dan aset nagari, disamping itu diharapkan juga partisipasi dan kontribusi dalam mewujudkan pembangunan di nagari secara fisik maupun non fisik.

Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Solok Syamsu Rahim, Dirut PT Bank Nagari Sumbar sekaligus Ketua Dewan Penasehat KAN Saniang Baka Suryadi Asmi Dt. Rajo Nan Sati, Ketua LKAAM Sumbar Sayuti Dt Rajo Pangulu, Ketua LKAAM Kabupaten Solok Syafri Dt Siri Marajo, dan Wakil Wali Kota Solok Zul Elfian.(ant/rd)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.