Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Jalan Layang KA Bandara Kualanamu Dibangun 2015

kemenhub, realisasi jalan layang, jalur kereta api, bandara udara kualanamu, dibangun 2015

Posted on 20 Sep 2013. Hits : 471

Kementerian Perhubungan akan merealisasikan pembangunan jalan layang untuk jalur kereta api dari Kota Medan menuju Bandar Udara Kualanamu pada tahun 2015.

Dalam diskusi dengan jajaran pers di Medan, Kamis, Kepala Pusat Komunikasi Kementerian Perhubungan Bambang S Ervan mengatakan, pembangunan jalan layang kereta api (KA) itu dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pascaoperasional Bandara Kualanamu.

Jalan layang yang akan dibangun tersebut bukan mendekati lokasi Bandara Kualanamu tetapi mulai Stasiun Besar KA Medan.

Namun dengan berbagai pertimbangan dan kondisi, pembangunan jalan layang KA itu baru akan dilaksanakan pada tahun 2015.

Sedangkan untuk program dalam waktu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mambangun 'double track' atau jalur ganda untuk KA yang menuju Bandara Kualanamu.

Double track tersebut akan dibangun menjelang akhir tahun 2013. 'Paling lama tahun 2014,' katanya.

Ketika dipertanyakan tentang kemungkinan kendala pembebasan lahan pembangunan double track, Bambang mengaku belum dapat menjelaskannya secara teknis.

'Penjelasan secara teknis, belum berani. Namun asti sudah dipikirkan,' katanya.

Sebelumnya, dalam dialog 'Kesiapan Publik Pindah Bandara' di Bandara Kualanamu pada 10 Juli, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Herry Bakti Gumay mengatakan, pihaknya telah menyetujui pembangunan jalan layang untuk KA menuju Bandara Kualanamu.

Persetujuan itu dilakukan karena Kemenhub telah menerima masukan dari berbagai pihak mengenai kemungkinan meningkatnya kemacetan arus lalu lintas di Kota Medan pascaoperasional KA menuju Bandara Kualanamu.

Berdasarkan rapat di Kemenhub tersebut, jalan layang tersebut akan dibangun dengan panjang sekitar enam hingga delapan kilometer.

Wakil Gubernur Sumut HT Erry Nuradi yang hadir dalam dialog itu menyampaikan apresiasinya atas keputusan Kemenhub untuk membangun jalan layang bagi jalur KA menuju Bandara Kualanamu tersebut.(ant/rd)

Rumah Bongkar-Pasang Ini Bisa Dibangun Hanya dalam Waktu Tiga Jam

Pernah membayangkan membangun sebuah rumah hanya dalam waktu tiga jam? Arsitek Joshua Woodsman dari Pin-Up Houses merealisasikan hal tersebut dengan mendesain rumah kecil inovatif yang disebut dengan France.

Puluhan Toko Sepanjang Harmoni-Pecenongan Tutup

Puluhan toko tutup di kawasan jalan Harmoni hingga Pecenongan, Jakarta Pusat pada saat pelaksanaan doa bersama di Monumen Nasional (Monas).

Dinas Kebersihan DKI Kerahkan Berbagai Sarana Saat Doa Bersama

Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengerahkan berbagai sarana dan prasarana kebersihan selama berlangsungnya aksi doa bersama pada hari ini di Kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

Dewan Kesenian Metro Gelar Pameran Seni Rupa

Dewan Kesenian Metro (DKM) pada penghujung tahun 2016 tak hanya menggelar Liga Teater Pelajar tetapi juga menyiapkan gelar pameran seni rupa bertajuk Point of Interest.

Doa Bersama 212 Diwarnai Gerimis

Aksi doa bersama umat Islam pada 2 Desember (212) diwarnai gerimis ringan pukul 10.