Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Kadisdik Banjarbaru Khawatir Penundaan UN Pengaruhi Kelulusan

penundaan pelaksanaan, ujian nasional

Posted on 15 Apr 2013. Hits : 377

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Ahmadi Arsyad mengkhawatirkan penundaan pelaksanaan ujian nasional tingkat sekolah menengah atas dan sederajat mempengaruhi kelulusan siswa di kota ini.

"Kami khawatir penundaan UN mempengaruhi siswa calon peserta ujian karena mereka sudah siap menghadapi ujian tetapi ternyata ditunda dan pengaruhnya tentu pada hasil kelulusan," ujarnya.

Ia mengatakan, penundaan tersebut dipastikan mempengaruhi aspek psikologi setiap calon peserta UN karena mereka sudah jauh-jauh hari mempersiapkan diri menghadapi ujian yang paling menentukan kelulusan sekolah itu.

Ibarat perang, kata dia, setiap peserta sudah mempersiapkan diri menghadapi peperangan tetapi ternyata perangnya ditunda sehingga bukan tidak mungkin mengakibatnya hilangnya semangat mengikuti ujian.

"Dampak psikologis atas penundaan UN itu pasti dirasakan siswa tetapi kami bersama guru-guru berupaya memberikan semangat agar mereka bisa mengikuti ujian sebaik-baiknya," ujarnya.

Menurut dia, dampak penundaan UN juga menimbulkan penafsiran berbeda-beda terhadap hasil kelulusan sehingga ada kesan hasilnya tidak murni karena perbedaan pelaksanaan ujian di tiap daerah.

"Jika hasilnya buruk, mungkin ada yang menilai soalnya dibikin lebih sulit, tetapi jika hasilnya bagus pasti menimbulkan kecurigaan soal ujian bocor akibat waktu pelaksanaan yang berbeda setiap daerah," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya sudah memberitahukan penundaan UN kepada kepala sekolah dan guru-guru disusul pemberitahuan langsung kepada siswa calon peserta ujian di sekolah masing-masing.

"Pemberitahuan resmi mengenai penundaan ujian disampaikan kepada siswa di sekolah masing-masing dan para guru juga diminta memberi semangat kepada anak didiknya agar tidak terpengaruh dengan penundaan itu," katanya.

Ditambahkan, sesuai surat pemberitahuan yang diterima dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel, pelaksanaan UN yang semula dijadwalkan Senin (15/4) ditunda menjadi Rabu (17/4) dengan mata pelajaran yang diujikan tidak mengalami perubahan.(ant/rd)

Israel Cabut Pembatasan Pembangunan Pemukiman Di Yerusalem Timur

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan Minggu, mengatakan kepada para menteri senior bahwa dia akan mencabut pembatasan pembangunan permukiman di Yerusalem Timur, segera setelah pemerintah kota itu menyetujui izin untuk membangun ratusan rumah baru di daerah tersebut.

Fadli Zon Tak Ingn Senen Jadi Mall

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meninjau dampak kebakaran yang melanda Pasar Senen beberapa waktu lalu dan mengharapkan kawasan tersebut tidak beralih fungsi menjadi mal atau apartemen.

Panja Sertifikasi Guru DPR Targetkan Hasilkan Keputusan

Panitia Kerja Serifikasi Guru dan Inpassing Komisi VIII DPR RI sedang melakukan penyusunan program kerja dan menargetkan selesai pada masa persidangan IV dengan menghasilkan keputusan untuk segera diselesaikan.

Kepolisian Jerman Tahan Pria diduga Rencanakan Serangan

Kepolisian Jerman pada Minggu mengatakan menahan seorang pria berusia 21 tahun, yang diduga merencanakan serangan dan menghubungkannya dengan kejadian di Wina, Austria.

Kapolda: Cukup Tiga Kali Ketuk 'Panic Botton'

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan masyarakat cukup tiga kali mengetuk "Panic Botton" jika mengalami atau mendapati tindak kejahatan di sekitarnya.