Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Kendaraan Satu Arah Kota Malang Segera Diujicobakan

penerapan jalur kendaraan, kota malang, ujicoba

Posted on 04 Nov 2013. Hits : 312

Penerapan jalur kendaraan satu arah di sejumlah titik di Kota Malang, Jawa Timur, khususnya di kawasan kampus Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim segera diujicobakan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang Subari di Malang, Senin, mengemukakan seluruh persiapan infrastruktur penunjang kendaraan satu jalur tersebut sudah tuntas, sehingga bisa segera diujicobakan.

'Kemungkinan besar Rabu (6/11) kendaraan satu jalur ini mulai diterapkan, namun akan tetap disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Selama masa ujicoba ini, akan menjadi bahan evaluasi jalur,' ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Subari, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk menentukan dimulainya jam uji coba satu jalur. Dan, evaluasi satu jalur ini akan dilakukan secara rutin sebelum ditetapkan menjadi kebijakan permanen.

Ia mengakui segera diterapkannya uji coba satu jalur tersebut karena peraturan wali kota (Perwali)-nya sudah diterbitkan oleh Wali Kota Malang Moch Anton belum lama ini.

Selain itu infrastruktur jalan juga sudah disiapkan dan Dishub juga telah memasang 60 unit rambu lalu lintas di sepanjang lokasi satu jalur tersebut, yakni mulai Jalan Mayjen Haryono, Jalan Mayjen Panjaitan, Jalan Bogor, Jalan Veteran hingga Jalan Gajayana.

Menurut Subari, marka jalan khusus untuk angkutan kota (angkot) di kawasan Jalan Sumbersari, Jalan Gaj ayana, Jalan Mayjen Har yono dan Jalan Mayjen Panjaitan hingga J alan Bogor juga sudah tuntas, termasuk pembukaan perempatan baru di Jalan Bogor dan Veteran.

Menyinggung sosialisasi diterapkannya kendaraan satu jalur tersebut, Subari mengatakan sudah dilakukan beberapa kali, termasuk di kalangan sopir angkot. 'Para pengemudi angkot tidak masalah dengan penerapan kendaraan satu jalur ini,' tegas Subari.

Menanggapi segera diberlakukannya kendaraan satu jalur tersebut sejumlah sopir angkot mengaku memberikan dukungan dengan catatan harus ada petugas yang disiagakan di area jalur satu arah itu agar kendaraan pribadi tidak sampai menyerobot jalur angkot.

'Petugas harus selalu siaga karena jalur ini masih baru. Kemungkinan masih banyak pengendara yang belum tahu dan kalaupun sudah tahu, dikhawatirkan kendaraan pribadi akan masuk jalur angkotdan sebaliknya ank ot masuk jalur kendaraan lain ,' tegas Subar uno, salah seorang sopir angkot jurusan Landungsari-Gadang.(ant/rd)

WHO: Dunia Tidak Boleh Lewatkan Tanda Awal Setiap Wabah Flu

Badan Kesehatan Dunia (WHO), Senin, menyeru semua negara memantau dengan saksama penyebaran virus flu unggas, yang mematikan pada unggas dan hewan ternak, serta segera melaporkan setiap paparan pada manusia, yang menunjukkan tanda awal wabah flu.

Perampok Gasak Harta Warga Bekasi Rp400 Juta

Pelaku perampokan menggasak harta senilai total Rp400 juta dari sebuah rumah mewah di Perumahan Grand Galaxy City, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (21/1).

AirAsia X Dapatkan Izin Terbang Ke Amerika Serikat

AirAsia X telah mendapatkan izin dari Federal Aviation Administration (FAA) untuk mengoperasikan penerbangan ke Amerika Serikat.

Emirates Gagal Terbang Di Bandara Ngurah Rai

Pesawat Emitares Airilines gagal terbang di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, karena ban bagian belakang pesawat itu pecah saat bersiap tinggal landas sehingga kembali ke apron sekitar pukul 00.

Pelindo Akui Kuala Tanjung Blum Jadi 'Hub'

Direktur Utama PT Pelindo I (Persero) Bambang Eka Cahyana mengakui Pelabuhan Kuala Tanjung, Sumatera Utara memang belum bisa menjadi pelabuhan pengumpul (hub) karena masih dalam tahap pengembangan.