Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Keong Mas Serang Tanaman Padi di Mamuju

keong mas, tanaman padi, sulawesi barat, mamuju

Posted on 05 Feb 2013. Hits : 304

Para petani di Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, mulai mengkhawatirkan serangan keong emas terhadap tanaman padi yang baru mereka tanam seiring dengan curah hujan yang masih intensif hingga saat ini.

"Saat ini para petani makin khawatir dengan hadirnya serangan keong emas yang menyerang tanaman padi di Tommo. Hal ini dipastikan akan berakibat tanaman padi yang baru bermur muda ini terancam mati," kata Ketua Kelompok Tani Makmur Mamuju, Sunarto, di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan serangan keong emas bukan kejadian pertama, namun sudah sering terjadi, sehingga mereka sering merugi.

Ia mengatakan merebakknya serangan hama tersebut akibat curah hujan sejak awal Januari 2013 hingga saat ini masih intensif, sementara petani setempat baru memasuki musim tanam.

"Untuk mengatasi serangan hama keong emas ini maka petani melakukan pemberantasan hama secara manual dengan cara dipungut," katanya.

Namun demikian, kata dia, upaya memberantas hama itu dengan cara manual dianggap kurang efektif karena hanya mampu mengatasi hingga 50 persen.

"Hama keong emas ini memakan tanaman padi yang berusia muda sehingga menyebabkan tanaman padi menjadi mati," kata dia.

Ia memprediksi jika serangan hama itu terus berlarut, dipastikan produksi tanaman padi akan berkurang drastis.

"Jika merujuk dari kejadian sebelumnya maka serangan hama keong emas ini mampu menurunkan produksi tanaman. Biasanya, jika hama keong menjadi-jadi maka hasil panen petani hanya mampu menghasilkan 12 kuintal per hektare," katanya.

Sunarto menyatakan panen petani jika normal atau tanpa ada serangan hama, mampu menghasilkan hingga enam ton per hektare.

Ia mengharapkan pemerintah daerah setempat memberikan perhatian dengan mencari solusi agar serangan hama itu bisa diatasi. (ant/as)

OJK Bali Ajak Mahasiswa Investasi Pasar Modal

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara mengajak mahasiswa di Pulau Dewata untuk berinvestasi di pasar modal karena adanya kemudahan berupa minimum transaksi sebesar Rp100 ribu.

Perajin Hiasan Kulit Kerang Terkendala Bahan Baku

Perajin hiasan yang terbuat dari kulit kerang di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, terkendala bahan baku karena kerang sulit ditemukan di wilayah perairan selatan Cilacap.

Pengamanan Laut Tidak Bisa Dilakukan Satu Negara

Pengamanan wilayah laut sebenarnya tidak bisa dilakukan oleh satu negara saja walau pun masuk yuridiksi negara tersebut dalam mencegah aktivitas penangkapan ikan secara ilegal.

Ahok: Ganjil Genap Lebih Efektif Dibandingkan 3-in-1

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menilai sistem ganjil genap lebih efektif dalam mengurangi volume kendaraan di ibukota dibandingkan dengan sistem terdahulu, yakni 3-in-1.

Menristekdikti: 50 Persen Dosen Vokasi Dari Industri

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan ke depan sebanyak 50 persen dosen pendidikan vokasi harus dari industri.