Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Keong Mas Serang Tanaman Padi di Mamuju

keong mas, tanaman padi, sulawesi barat, mamuju

Posted on 05 Feb 2013. Hits : 304

Para petani di Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, mulai mengkhawatirkan serangan keong emas terhadap tanaman padi yang baru mereka tanam seiring dengan curah hujan yang masih intensif hingga saat ini.

"Saat ini para petani makin khawatir dengan hadirnya serangan keong emas yang menyerang tanaman padi di Tommo. Hal ini dipastikan akan berakibat tanaman padi yang baru bermur muda ini terancam mati," kata Ketua Kelompok Tani Makmur Mamuju, Sunarto, di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan serangan keong emas bukan kejadian pertama, namun sudah sering terjadi, sehingga mereka sering merugi.

Ia mengatakan merebakknya serangan hama tersebut akibat curah hujan sejak awal Januari 2013 hingga saat ini masih intensif, sementara petani setempat baru memasuki musim tanam.

"Untuk mengatasi serangan hama keong emas ini maka petani melakukan pemberantasan hama secara manual dengan cara dipungut," katanya.

Namun demikian, kata dia, upaya memberantas hama itu dengan cara manual dianggap kurang efektif karena hanya mampu mengatasi hingga 50 persen.

"Hama keong emas ini memakan tanaman padi yang berusia muda sehingga menyebabkan tanaman padi menjadi mati," kata dia.

Ia memprediksi jika serangan hama itu terus berlarut, dipastikan produksi tanaman padi akan berkurang drastis.

"Jika merujuk dari kejadian sebelumnya maka serangan hama keong emas ini mampu menurunkan produksi tanaman. Biasanya, jika hama keong menjadi-jadi maka hasil panen petani hanya mampu menghasilkan 12 kuintal per hektare," katanya.

Sunarto menyatakan panen petani jika normal atau tanpa ada serangan hama, mampu menghasilkan hingga enam ton per hektare.

Ia mengharapkan pemerintah daerah setempat memberikan perhatian dengan mencari solusi agar serangan hama itu bisa diatasi. (ant/as)

Trump Pilih Eksekutif Goldman Sachs untuk Pos Ekonomi Utama

Presiden terpilih AS Donald Trump telah memilih seorang eksekutif Goldman Sachs untuk kepala Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, media lokal melaporkan pada Jumat.

Pabrik Garam Farmasi Pertama di Indonesia Mulai Beroperasi

Pabrik Garam Farmasi I di Watudakon, Jombang, Jawa Timur, yang merupakan pabrik bahan baku obat pertama di Indonesia yang dikembangkan bersama oleh BPPT dan PT Kimia Farma mulai beroperasi pada 8 Desember 2016.

Masyarakat Perbatasan Gelar Festival Makanan Tradisional

Masyarakat desa di Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat menggelar pawai akhir tahun dengan tema Festival Makanan Tradisional dan Pengembangan Desa Hijau, 9 - 12 Desember 2016.

Semen Indonesia Bantu Rp500 Juta Korban Gempa Aceh

PT Semen Indonesia Tbk memberi sumbangan sebesar Rp500 juta untuk meringankan beban para pengungsi dan korban gempa berkekuatan 6,5 skala richter di Kabupaten Pidie Jaya, dan sebagian Kabupaten Pidie dan Bireuen.

Wapres Resmikan Enam Proyek di Sulbar

Wakil Presiden Jusuf Kalla menandatangani prasasti enam proyek infrastruktur Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat di Mamuju, Sabtu.