Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Kolaka Timur Andalkan Hasil Pertanian Dan Perkebunan

kolaka timur, andalkan hasil pertanian, tony herbiansyah, daerah otonomi baru

Posted on 17 Sep 2013. Hits : 353

Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dalam meningkatkan PAD setempat, kata Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Sejak disahkannya sebagai daerah otonomi baru oleh Kementerian Dalam Negeri pada bulan Desember 2012, pemerintah setempat lebih mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan sebagai sektor pemungutan retisbusi ntuk meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD), katanyayang ditemui di Kolaka, Selasa.

Ia mengatakan pendapatan perkapita sektor pertanian daerah itu khususnya perkebunan kakao tergolong tinggi.

'Sebelum dimekarkan wilayah Kolaka Timur selaku penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar di Kabupaten Kolaka yakni Kecamatan Ladongi dari hasil produksi perkebunan kakao,' katanya tanpa menyebutkan jumlah dari sektor ini,' katanya.

Sentra laju pertumbuhan perekonomian pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi, kata dia, berada di Kecamatan Ladongi, Mowewe, Uesi dan Kecamatan Uluiwoi yang mengandalkan sektor itu.

'Selain sektor pertanian ada juga sektor pertambangan namun masih dalam tahap pengkajian,' jelasnya.

Selain itu, kata dia, di wilayah itu juga sudah ada beberapa jenis usaha seperti perbankan, SPBU dan usaha lainnya yang bisa menopang pendapatan di bidang ekonomi.

'Meski sebagai kabupaten baru, penghasilan perkapita warga Kolaka Timur tinggi. Indikator penghasilan tinggi itu, di antaranya sudah ada beberapa bank, Pertamina (SPBU) serta kegiatan ekonomi lainnya,' jelas mantan kepala BKD Sultra itu.(ant/rd)

Jakarta Smart City Perlu Tingkatkan Partisipasi Warga

Keterbatasan akses dan infrastruktur bukanlah hambatan utama mengapa warga tidak menggunakan "Jakarta Smart City" melainkan masih minimnya sosialisasi yang berujung pada ketidaktahuan masyarakat.

Hong Tang Ramaikan Persaingan Kuliner Makassar

Manajemen Hong Tang yang merupakan restoran dessert ala Taiwan kini hadir dan siap meramaikan persaingan kuliner di Makassar, Sulawesi Selatan.

Ritual Pengusir Bahaya Dalam Tarian Khas Banyuwangi

Seni adalah budaya yang kaya dimiliki bangsa Indonesia, dengan seni tari khususnya masyarakat dapat memperkaya budaya dari nenek moyang yang secara turun-temurun diwariskan kepada anak cucu.

Warga Diminta Tidak Palsukan Plat Nomor Kendaraan

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta kepada warga agar tidak melakukan pemalsuan nomor plat kendaraan terkait penerapan kebijakan ganjil genap di wilayah ibukota.

Instansi Ini Melarang Pegawainya Bermain Pokemon Go

PT KAI Daop VI Yogyakarta melarang pegawai termasuk penumpang dan masyarakat memainkan permainan virtual berbasis aplikasi telepon selular salah satunya Pokemon GO yang kini menjadi tren.