Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Kolaka Timur Andalkan Hasil Pertanian Dan Perkebunan

kolaka timur, andalkan hasil pertanian, tony herbiansyah, daerah otonomi baru

Posted on 17 Sep 2013. Hits : 353

Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan dalam meningkatkan PAD setempat, kata Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah.

Sejak disahkannya sebagai daerah otonomi baru oleh Kementerian Dalam Negeri pada bulan Desember 2012, pemerintah setempat lebih mengandalkan hasil pertanian dan perkebunan sebagai sektor pemungutan retisbusi ntuk meningkatkan penghasilan asli daerah (PAD), katanyayang ditemui di Kolaka, Selasa.

Ia mengatakan pendapatan perkapita sektor pertanian daerah itu khususnya perkebunan kakao tergolong tinggi.

'Sebelum dimekarkan wilayah Kolaka Timur selaku penyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) terbesar di Kabupaten Kolaka yakni Kecamatan Ladongi dari hasil produksi perkebunan kakao,' katanya tanpa menyebutkan jumlah dari sektor ini,' katanya.

Sentra laju pertumbuhan perekonomian pertanian dan perkebunan yang cukup tinggi, kata dia, berada di Kecamatan Ladongi, Mowewe, Uesi dan Kecamatan Uluiwoi yang mengandalkan sektor itu.

'Selain sektor pertanian ada juga sektor pertambangan namun masih dalam tahap pengkajian,' jelasnya.

Selain itu, kata dia, di wilayah itu juga sudah ada beberapa jenis usaha seperti perbankan, SPBU dan usaha lainnya yang bisa menopang pendapatan di bidang ekonomi.

'Meski sebagai kabupaten baru, penghasilan perkapita warga Kolaka Timur tinggi. Indikator penghasilan tinggi itu, di antaranya sudah ada beberapa bank, Pertamina (SPBU) serta kegiatan ekonomi lainnya,' jelas mantan kepala BKD Sultra itu.(ant/rd)

Tarif Trans Tangerang Rp 1.000 Bagi Pelajar

Pemerintah Kota Tangerang memberikan tarif murah bagi pelajar yang menggunakan moda transportasi Trans Tangerang yakni Rp1.

RCEP Bisa Pengaruhi Sektor Pangan-Kesehatan Nasional

Perjanjian perdagangan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang juga melibatkan Indonesia dinilai bisa mempengaruhi sektor pangan dan kesehatan nasional karena adanya hak kekayaan intelektual yang dikuasai korporasi.

BNPT Harapkan Revisi UU Terorisme Segera Dirampungkan

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius berharap revisi Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme dapat segera dirampungkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Imigrasi Soetta Tolak Kedatangan Empat Warga Bangladesh

Petugas Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang menolak kedatangan empat warga Bangladesh karena diduga menyalahgunakan fasilitas bebas visa kunjungan.

FAO : Pertanian Konservasi Tingkatkan Produksi 77 Persen

Berdasarkan data dari Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) hasil teknik pertanian konservasi telah meningkatkan produksi jagung di wilayah Indonesia Timur sebanyak 77 persen daripada menggunakan teknik produksi konvensional.