Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Kunjungi Festival Gura Ici di Maluku Utara

festival, gura ici, maluku utara, pemerintah

Posted on 17 Jun 2013. Hits : 331

Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) akan menampilkan kekhasan budaya dari sepuluh kabupaten/kota di Malut pada Festival Gura Ici di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) pada 26-27 Juni 2013.

Sekretaris Provinsi Malut Husen Madjid mengatakan di Ternate, Senin, seluruh pemerintah kabupaten/kota di Malut telah menyiapkan berbagai budaya khas masing-masing, terutama berupa tarian dan kesenian tradisional untuk ditampilkan pada festival tahunan tersebut.

Festival yang telah masuk dalam kalender kegiatan pariwisata nasional tersebut akan dipusatkan di Pulau Lelei, salah satu lokasi kawasan wisata Gura Ici, yang selama ini terkenal dengan keindahan pantai pasir putihnya.

Ia mengatakan, Pemprov Malut juga telah menyiapkan berbagai kegiatan lainnya untuk menyemarakan festival tersebut, seperti berbagai jenis lomba yang terkait dengan kebaharian, di antaranya lomba renang, lomba dayung dan lomba fotografi bawah laut.

Selain itu, akan dimeriahkan pula dengan kegiatan wisata bawah laut pada puluhan titik penyelaman yang selama ini terkenal memiliki keindahan panorama bawah laut, baik dari segi terumbu karang maupun keragaman jenis ikan.

"Menyelam di kawasan wisata Perairan Gura Ici akan menyaksikan berbagai pemandangan menarik yang jarang terdapat di daerah lain, seperti atraksi ikan pari raksasa, berbagai jenis hiu dan lumba-lumba," katanya.

Pemprov Malut telah menyiapkan sarana transportasi laut dari Ternate ke Pulau Lelei yang akan dimanfaatkan para wisatawan, sedangkan untuk akomodasi selain memanfaatkan sejumlah vila di kawasan itu, juga menggunakan rumah warga setempat.

Ia menambahkan, pelaksanaan Festival Gura Ici tersebut memang bertepatan dengan masa kampanye pilkada Malut, namun dipastikan tidak akan mempengaruhi kemeriahan penyelenggaraan festival itu.

Pemprov Malut mengimbau para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri untuk tidak khwatir menghadiri festival tersebut walaupun bertempatan dengan momentum pelaksanaan kampanye pilkada, karena aparat keamanan setempat menjamin stabilitas keamanan di daerah ini. (bn/ant)