Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Lima Kabupaten Belum Tuntaskan Perda RT RW

rtrw, bengkulu, kabupaten, instrumen, legislatif, eksekutif, perda

Posted on 14 Nov 2012. Hits : 444

Sebanyak lima kabupaten di Provinsi Bengkulu yakni Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Lebong, Mukomuko, dan Seluma belum menuntaskan peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Bengkulu Edy Waluyo mengatakan, kelima kabupaten ini diharapkan segera menuntaskan Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

"Kami sudah mendesak agar segera dituntaskan pada tahun ini sehingga detil perencanaan wilayah seperti luas lahan pangan dan lainnya segera diketahui," katanya di Bengkulu, Rabu.

Sementara RTRW Provinsi Bengkulu dan lima kabupaten dan kota lainnya yakni Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, Kaur, Rejang Lebong dan Kepahiang sudah menyelesaikan Perda yang akan berlaku 20 tahun tersebut.

Perubahan RTRW provinsi dan kabupaten/kota menurutnya sesuai dengan Undang-undang nomor Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang.

Edy mengatakan penyusunan Perda RTRW tingkat provinsi dan kabupaten/kota akan berdampak pada proses pembangunan di daerah itu.

"Karena salah satu instrumen penting dalam pembangunan adalah kepastian tata ruang," katanya.

Menurutnya, sebagian besar draft Raperda RTRW kabupaten terkendala pada substansi kehutanan karena banyak daerah yang mengusulkan pelepasan kawasan hutan yang membutuhkan proses yang lama.

Ia mencontohkan RTRW Kabupaten Seluma yang masih berpolemik antara eksekutif dan legislatif terkait substansi kehutanan tersebut.

Substansi kehutanan kata dia diputuskan oleh tim terpadu dari Kementerian Kehutanan.

Ia menambahkan penyelesaian RTRW sangat penting untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) provinsi serta kabupaten dan kota.

Untuk tingkat provinsi, RPJPD sudah selesai pada 2008 sedangkan RTRW disahkan pada 2012, sehingga RPJPD akan direvisi untuk disesuaikan dengan RTRW.(ant/ev)

IAEA: Komitmen Indonesia Akan Kesiapsiagaan Nuklir Tinggi

Badan Tenaga Atom Internasional atau International Atomic Energy Agency (IAEA) menyatakan komitmen Indonesia akan kesiap-siagaan nuklir tinggi.

ITS-Rotterdam University Siap Realisasikan 'Technopark ' Kemaritiman

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menandatangani kerja sama dengan Rotterdam University of Applied Sciences, Belanda untuk siap merealisasikan "technopark" dalam bidang kemaritiman, industri kreatif, dan otomotif.

Pemkot Targetkan Pembangunan 'Rumah Sehat' Terlaksana 2016

Pemerintah Kota Tangerang, Banten menargetkan pembangunan Rumah Sehat di 13 Kecamatan terlaksana sebelum akhir 2016.

Jababeka Infrastruktur Lakukan Pengembangan 'Smart City'

PT Jababeka Infrastruktur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggandeng 1.

Proyek Palapa Ring I Beroperasi Akhir 2018

Proyek Palapa Ring, pembangunan serat optik yang menjangkau daerah terpencil di wilayah barat, tengah dan timur akan selesai dan siap beroperasi pada akhir 2018.