Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Marinir Indonesia-Amerika Latihan Bersama di Situbondo

marinir tni al, indonesia, amerika serikat, latihan bersama, situbondo

Posted on 20 Aug 2013. Hits : 178

Korps Marinir TNI AL menggelar latihan bersama dengan "United States Marine Corps" (USMC) di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran, Karangtekok, Situbondo, Jawa Timur pada 20 Agustus hingga 6 September 2013.

Informasi dari Dispen Kormar kepada Antara di Surabaya, Selasa, menyebutkan latihan bersama itu dibuka Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Purwadi mewakili Komandan Korps Marinir Mayor Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington.

Latihan bersama bertajuk "Lantern Iron 13-1" itu melibatkan 77 prajurit yakni 66 prajurit Batalyon Taifib-1 Marinir dan 11 prajurit US MARSOC.

"Situasi global menuntut kesiapan Korps Marinir secara optimal, khususnya keamanan maritim," kata Komandan Korps Marinir dalam amanatnya yang dibacakan Asops Dankormar.

Untuk mencapai tingkat kesiapan yang optimal, prajurit Korps Marinir yang profesional dituntut memiliki standar tertinggi dalam hal teknik dan taktik guna menangani berbagai situasi yang berkembang.

"Dengan pelaksanaan latihan Lantern Iron 13-1 itu, maka semua tuntutan dapat terpenuhi, apalagi latihan kali ini memfokuskan pada permasalahan pertempuran di darat dan di laut mulai dari perencanaan sampai pelaksanaannya," katanya.

Dalam latihan bersama itu, kedua belah pihak akan dapat saling bertukar pengetahuan, khususnya materi kemampuan Intai Amfibi, perang hutan, dan sniper melalui metode teori hingga praktik di lapangan.

"Melalui latihan tersebut, kami harapkan penguasaan materi akan dapat lebih meningkat, meskipun materi-materi tersebut bukan hal yang baru, tapi persahabatan dengan pihak lain itu juga penting, termasuk dalam bidang militer," kata Komandan Korps Marinir.

Sementara itu, Komandan Satgas Latihan Letkol Marinir Edy Cahyanto mengatakan tujuan latihan "Lantern Iron 13-1" untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknik dan taktik prajurit Taifib serta menjalin kerja sama/persahabatan dengan prajurit US MARSOC.

"Materi latihan meliputi teori di kelas dan praktik di lapangan. Untuk teori di kelas meliputi pertolongan pertama korban perang (Medical/Tactical Combat Casualty Care), dan identifikasi serta tindakan terhadap bahan peledak (Demolition Identification dan reaction)," katanya.

Untuk praktik di lapangan, materinya meliputi menembak sniper, operasi renang rintis (scout swimmer operation), raid amfibi, pengintaian pantai (beach landing technique), "jungle and sea survival" dan berganda (full mission profile).

"Latihan Bersama 'Lantern Iron 13-1' itu menggunakan daerah latihan di Pusat Latihan Tempur Korps Marinir Baluran untuk materi teori dan menembak, sedangkan materi lainnya dilaksanakan di Pusat Latihan Tempur Lampon Banyuwangi," tambahnya.(ris/ant)

Kerja Sama Pertanian Potensial bagi Indonesia-Gambia

Pertanian merupakan salah satu sektor yang potensial dalam membangun kerja sama lebih kuat antara Indonesia dan Gambia, demikian siaran pers Kedutaan Besar Indonesia di Amman, Jordania, yang diterima di Jakarta, Minggu.

Wali Kota Kediri Dukung Polisi Perangi Balap Liar

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mendukung aparat Polresta Kediri untuk memerangi balap liar yang sering memanfaatkan jalan umum dan membuat masyarakat resah.

Nelayan Tak Melaut karena Musim Angin Selatan

Sejumlah nelayan asal Kota Singkawang, Kalimantan Barat, memilih untuk tidak melaut sejak beberapa minggu terakhir karena pengaruh musim angin selatan.

Kemristekdikti Berikan Rp300 Juta untuk Startup

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) memberikan dana hingga Rp300 juta untuk tiap perusahaan rintisan (startup) berbasis teknologi yang mengikuti Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) 2016 untuk penguatan daya saing usaha.

Gubernur Babel Imbau Petani Karet Gunakan Asam Semut

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Rustam Effendi mengimbau petani karet menggunakan asam semut dalam mengolah getah supaya meningkatkan kualitas dan harga produk tersebut.