Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

PAD Kota Ternate Capai Rp41,4 Miliar

ternate, pad ternate, pendapatan asli daerah

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 510

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), mencapai Rp41,4 miliar atau melebihi target serta mengalami pertumbuhan ekonomi yang semakin kondusif.

Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman, di Ternate, Jumat, mengatakan bahwa pencapaian PAD Kota Ternate hingga pertengahan Desember sebanyak Rp41,4 miliar itu telah melapaui target karena beberapa jenis target pendapatan pada tahun 2012 juga mengalami pelampauan serta pertumbuhan ekonomi yang semakin kondusif.

"Tidak mustahil akan membuka peluang bertambahnya pendapatan pada tahun 2013, karena penetapan target PAD tersebut telah melalui kajian yang rasinonal dan terukur berdasarkan pertimbangan berbagai indikator perkembangan perekonomian khususnya sektor jasa dan perdagangan," katanya.

Beberapa target pendapatan yang telah ditetapkan dapat tercapai bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi peningkatan pada tahun 2013 mengingat beberapa pembangunan infrastruktur telah selesai dan dapat beroperasi secara efektif, ujarnya.

Menurutnya, terkait dengan saran dan harapan DPRD untuk pemenuhan kebutuhan infrastruktur pada kecamatan, khususnya pembangunan dermaga dan jembatan perahu di Kelurahan Takofi, Figur dan Tafamutu, ia akan melakukan penyesuaian nilai anggaran pembagian dengan program PNPM Mandiri dan Dana Partisipatif Kecamatan dan Kelurahan agar peruntukannya sesuai dengan kebutuhan masyarakat setempat.

"Pemenuhan kebutuhan infrastruktur Kecamatan Kepulauan Moti, Hiri dan Batang Dua dalam APBD 2013 bukan saja meliputi infrastruktur transportasi laut tetapi juga transportasi darat, seperti jalan dan jembatan. Hal ini diharapkan selain memenuhi pemerataan akses pelayanan di bidang transportasi, juga dapat mendukung mobilitas sosial dan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, untuk pemenuhan kebutuhan pelayanan kesehatan pada beberapa puskesmas pembantu dan poskeskel yang masih terkendala air bersih dan listrik akan menjadi perhatian.

"Alokasi anggaran untuk puskesmas juga telah terakomodir dana operasional untuk puskesmas pembantu dan poskeskel termasuk operasional pemenuhan listrik dan air bersih," ujarnya.

Sementara itu, saat menyampaikan sambutan pada rapat paripurna masa persidangan ke-3 dengan agenda pengesahan persetujuan terhadap nota keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Ternate pada tahun 2013.

Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman mengatakan, sebelum memasuki pengesahan dan persetujuan terhadap nota keuangan dan RAPBD Kota Ternate tahun anggaran 2013 maka ada beberapa tahapan yang telah dilalui dimulai pada tanggal 12 Desember wali kota menyampaikan nota pengantar RAPBD Kota Ternate tahun 2013, dan kemudian dilanjutkan dengan jawaban terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi.

Maka setelah didahului dengan pembahasan komisi dewan dengan SKPD pada tanggal 17 sampai 19 Desember 2012 serta pada tanggal 20 desember 2012 pembahasan tahap I akhir antara TAPD dengan Badan Anggaran DPRD.

"Pengesahan RAPBD Kota Ternate tahun 2013 pada hari ini, merupakan langkah awal sekaligus menjadi dasar yuridis formal, yang menandai dimulainya pelaksanaan kebijakan, program dan kegiatan tahun anggaran 2013," katanya. (ant/as)

Menkeu Upayakan Pencapaian Target Penerimaan Pajak 2016

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan mengupayakan pencapaian target penerimaan pajak sebesar Rp1.

Kemenkeu Gandeng Apkasi Bahas RUU Keuangan

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia merespon positif rencana Kementrian Keuangan RI menggandeng Apkasi dalam pembahasan Rancangan Undang-undang yang akan memperbaharui hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah.

Lima Dubes Siap Hadiri PBN Pekalongan

Lima duta besar negara sahabat menyatakan siap hadir pada pembukaan Pekan Batik Nusantara (PBN) di Kawasan Budaya Jetayu Kota Pekalongan dijadwalkan 4 Oktober 2016.

Akun Medsos Harus Didaftarkan ke KPU DKI

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta mengingatkan setiap bakal calon gubernur dan wakil gubernur setempat atau partai politik pendukung untuk mendaftarkan akun media sosial mereka ke Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta "Setiap paslon boleh juga parpol bikin akun khusus, boleh juga gabungan partai bikin akun khusus dan semuanya harus didaftarkan di KPU DKI Jakarta," kata Ketua Pokja Kampanye DKI Jakarta, Dahlia Umar di Kantor KPU DKI Jakarta, Sabtu.

E-Warong Terintegrasi dengan Rumah Pangan Kota

Direktur Pengembangan Bisnis Perum Bulog Imam Subowo mengatakan, Elektronik Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Program Keluarga Harapan (E-Warong KUBE PKH) akan terintegrasi dengan Rumah Pangan Kota (RPK).