Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Pedagang Tolak Pembangunan PIG Kota Malang

malang, pasar induk dagang, pembangunan pasar

Posted on 21 Feb 2013. Hits : 357

Puluhan pedagang Pasar Induk Gadang atau PIG Kota Malang, Jawa Timur, menolak pembangunan pasar tersebut karena sebelumnya pemkot maupun investor tidak pernah mensosialisasikan rencana pembangunan pasar itu.

Penolakan puluhan pedagang PIG tersebut disampaikan melalui unjuk rasa di gedung DPRD sementara di Jalan Simpang Jakarta, Kota Malang, Rabu.

"Sampai saat ini kami belum pernah diajak bicara terkait rencana pembangunan PIG. Bagaimana kami bisa menyetujui atau tidak menyetujui rencana pembangunan tersebut, program detailnya seperti apa, kami juga tidak tahu," tegas bendahara koordinator pedagang PIG Andi Mustofa.

Menurut dia, selama ini pedagang tidak pernah diajak bicara maupun menerima sosialisasi rencana pembangunan PIG, tapi tiba-tiba pedagang diminta untuk menandatangani surat perjanjian kerja sama (PKS) pembangunan pasar.

Ia mengakui, selama ini pemerintah maupun investor hanya memberdayakan dan mempercayakan semua yang berkaitan dengan pasar dan pedagang pada paguyuban saja, padahal tidak pedagang memiliki aspirasi yang sama.

Rencananya, pada 27 Februari nanti, pemkot akan melakukan pertemuan dengan pedagang dan awal Maret dilakukan peletakan batu pertama pembangunan PIG.

Menanggapi keluhan pedagang PIG tersebut, Ketua Komisi A DPRD Kota Malang Arif Wahyudi meminta pemkot untuk melakukan sosialisasi sebelum pembangunan direalisasikan, sebab dikhawatirkan pembangunan pasar akan menimbulkan konflik seperti yang terjadi pada saat pembangunan Pasar Dinoyo dan Pasar Blimbing Kota Malang.

Politisi dari PKB itu menegaskan, pemkot sudah punya pengalaman konflik pembangunan Pasar Blimbing dan Dinoyo. Jadi, kejadian serupa jangan sampai terulang kembali di Pasar Gadang.

Pada intinya, kata Arif, dewan menyetujui adanya pembangunan pasar yang melibatkan investor dengan nilai investasi hampir mencapai Rp300 miliar tersebut. "Kami akan koordinasi dulu dengan Sekda untuk mematangkan sosialisasai pada pedagang," ujarnya.(ant/rd)

Israel Cabut Pembatasan Pembangunan Pemukiman Di Yerusalem Timur

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan Minggu, mengatakan kepada para menteri senior bahwa dia akan mencabut pembatasan pembangunan permukiman di Yerusalem Timur, segera setelah pemerintah kota itu menyetujui izin untuk membangun ratusan rumah baru di daerah tersebut.

Fadli Zon Tak Ingn Senen Jadi Mall

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meninjau dampak kebakaran yang melanda Pasar Senen beberapa waktu lalu dan mengharapkan kawasan tersebut tidak beralih fungsi menjadi mal atau apartemen.

Panja Sertifikasi Guru DPR Targetkan Hasilkan Keputusan

Panitia Kerja Serifikasi Guru dan Inpassing Komisi VIII DPR RI sedang melakukan penyusunan program kerja dan menargetkan selesai pada masa persidangan IV dengan menghasilkan keputusan untuk segera diselesaikan.

Kepolisian Jerman Tahan Pria diduga Rencanakan Serangan

Kepolisian Jerman pada Minggu mengatakan menahan seorang pria berusia 21 tahun, yang diduga merencanakan serangan dan menghubungkannya dengan kejadian di Wina, Austria.

Kapolda: Cukup Tiga Kali Ketuk 'Panic Botton'

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan masyarakat cukup tiga kali mengetuk "Panic Botton" jika mengalami atau mendapati tindak kejahatan di sekitarnya.