Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Pelabuhan Ujung Jabung Butuh Rp500 Miliar

pelabuhan ujung jabung, distribusi komoditas ekonomi, jambi

Posted on 28 Dec 2012. Hits : 349

Gubernur Jambi Hasan Basri Agus menyatakan, Pelabuhan Ujung Jabung yang rencananya akan dibangun dilepas pantai timur Jambi membutuhkan anggaran sedikitnya Rp500 miliar.

"Untuk rencana awal kami sudah membuat desain maupun studi awal begitu juga amdalnya," ujar Gubernur Hasan Basri Agus di Jambi, Jumat.

Menurut dia, Pemprov Jambi juga sudah menganggarkan Rp8 miliar untuk pembebasan lahan seluas 150 hektare sebagai lokasi pelabuhan.

Ia menargetkan pelabuhan Ujung Jabung sudah bisa dimulai pertengahan 2013.

"Untuk penyelesainnya saya belum bisa memastikan. Mengingat ini termasuk proyek besar di Jambi," katanya.

Ia mengatakan, pada tahap pertama pembangunan itu akan dialokasikan anggaran senilai Rp90 miliar. Anggaran tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat.

Sebelumnya, gubernur mengatakan, pembangunan pelabuhan Ujung Jabung itu sudah sejak lama dirancang sebagai salah satu upaya mendukung peningkatan ekonomi di Provinsi Jambi.

Dengan dibangunnya pelabuhan tersebut, distribusi komoditas ekonomi, mengingat selama ini komoditas ekonomi hasil bumi di Provinsi Jambi masih didistribusikan melalui pelabuhan Talang Duku yang lokasinya dinilai masih kurang strategis.

Sementara, lokasi pelabuhan Talang Duku berada tepat di bibir laut dibagian timur Jambi sehingga akan mudah di jangkau oleh kapal besar.

Gubernur Hasan Basri Agus juga menyatakan, beberapa investor di Jambi akan segera membangun beberapa pabrik industri seiring dengan dibangunnya pelabuhan Talang Duku. Diantaranya adalah pabrik ban, pabrik industri hilir sawit maupun pabrik semen.

"Salah satunya adalah pabrik semen Baturaja II yang akan berpusat di Kabupaten Sarolangun. Karena ternyata potensi semen di Sarolangun sangat besar. Bahkan dibanding di pabrik semen Baturaja I," tambah gubernur. (ant/ed)

Kemkes Gelar Periksa Deteksi Kanker Mata Gratis

Kementerian Kesehatan menggelar pemeriksaan deteksi kanker bola mata atau retinablastoma secara gratis pada 200 anak dalam memperingati Hari Kanker Anak Dunia yang jatuh pada 22 Februari.

Pemkab Tangerang Ukur Ulang 26 Situ Rusak

Pemerintah Kabupaten Tangerang, Banten, melakukan pengukuran ulang terhadap 26 situ (rawa) yang rusak untuk dilakukan normalisasi.

Strategi Kemenperin Dongkrak Industri Padat Karya

Produk industri dalam negeri dipacu agar lebih berdaya saing agar mampu menjadi pemenang perdagangan di kancah global sehingga Kementerian Perindustrian mengusulkan insentif berupa pemotongan pajak penghasilan (PPh) untuk industri padat karya yang berorientasi ekspor.

Jatim Akan Luncurkan "e-Smart Samsat"

Pemerintah Provinsi bekerja sama dengan Kepolisian Daerah Jawa Timur akan meluncurkan program "e-Smart Samsat" untuk memudahkan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Heryawan Instruksikan Moratorium Izin Pembangunan Kawasan Banjir

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menginstruksikan Pemerintah Kota Bekasi untuk segera menyetop seluruh perizinan pembangunan di seluruh kawasan rawan banjir mulai 2017.