Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Pemkab Banjar Bentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat

banjar, forum kewaspadaan dini masyarakat, urusan keamanan

Posted on 20 Feb 2013. Hits : 347

Pemerintah Kabupaten Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat membentuk Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) tingkat kecamatan.

FKDM dibentuk untuk membantu instrumen atau alat bantunegara dalam menyelenggarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban melalui upaya deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana alam dan bencana ulahmanusia, demikian rilis Humas Pemkab Banjar, Rabu.

Acara pembentukan FKDM bersamaan dengan talkshow atau dialog Permendagri No. 12 Tahun 2006 di Kecamatan Sungai Tabuk.

Saat itu dijelaskan AKP Irawan SH,dari Polres Banjar bila masyarakat menemukan potensi ancaman keamanan, ketentraman dan ketertiban maka cukup segera laporkan hal mencurigakan tersebut kepada aparat berwajib, tidak perlu berusaha sendiri mengatasi hal tersebut.

Dijelaskan pula pentingnya tindakan temu cepat lapor cepat, informasi menyangkut siapa, Apa, bilamana, dimana, bagaimana, dan mengapa.

Sementara Kepala Kesbangpol Banjar Syahda Mariadi M dalam sambutannya mengatakan, Kepada para peserta dapat lebih tanggap dan peka terhadap berbagai hal yang akandapat terjadi dilingkungan, tingkatkan kewaspadaan untuk terus mencermati situasi serta selalu berkoordinasi dengan insyansi terkait yang ada di tingkat kecamatan dan Kabupaten dalam upaya cegah dini dan lapor cepat.

Kemudian Camat M. Arsyad dalam sambutannya berpesan kepada warganya agar mampu menahan diri bila terjadi kesalahpahaman antar warga dan diharapkan peran FKDM yang telah dibentuk dalam menjaring, menampung, mengkoordinasikan, dan mengkomunikasikan data dan informasiterkait potensi ancaman keamanan dan ketertiban.

Acara dihadiri Camat Sungai Tabuk M. Arsyad, unsur Muspika, seluruh pembakalan (kepala desa) se-Kecamatan Sungai Tabuk, tokoh pemuda, tokoh adat dan para tokoh masyarakat setempat ini, Kabid Ketahanan Ideologi dan Kewaspadaan Daerah Kesbangpol Kab. Banjar Dra. Fathul Djennah, Kesbangpol PropinsiA. Ariffin, Sertu Jumarudin dari Kodim 1006 Martapura.(ant/rd)

Israel Cabut Pembatasan Pembangunan Pemukiman Di Yerusalem Timur

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam sebuah pernyataan Minggu, mengatakan kepada para menteri senior bahwa dia akan mencabut pembatasan pembangunan permukiman di Yerusalem Timur, segera setelah pemerintah kota itu menyetujui izin untuk membangun ratusan rumah baru di daerah tersebut.

Fadli Zon Tak Ingn Senen Jadi Mall

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meninjau dampak kebakaran yang melanda Pasar Senen beberapa waktu lalu dan mengharapkan kawasan tersebut tidak beralih fungsi menjadi mal atau apartemen.

Panja Sertifikasi Guru DPR Targetkan Hasilkan Keputusan

Panitia Kerja Serifikasi Guru dan Inpassing Komisi VIII DPR RI sedang melakukan penyusunan program kerja dan menargetkan selesai pada masa persidangan IV dengan menghasilkan keputusan untuk segera diselesaikan.

Kepolisian Jerman Tahan Pria diduga Rencanakan Serangan

Kepolisian Jerman pada Minggu mengatakan menahan seorang pria berusia 21 tahun, yang diduga merencanakan serangan dan menghubungkannya dengan kejadian di Wina, Austria.

Kapolda: Cukup Tiga Kali Ketuk 'Panic Botton'

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan masyarakat cukup tiga kali mengetuk "Panic Botton" jika mengalami atau mendapati tindak kejahatan di sekitarnya.