Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

PEMKAB Kulon Progo Bangun PLT Mikrohidro

pemerintah kabupaten kulon progo, bekerja sama dengan pt energy puritama, membangun pembangkit listrik tenaga mikrohidro

Posted on 17 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan PT Energy Puritama membangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Semawung Banjarharjo, Kecamatan Kalibawang.

Dirut PT Energy Puritama Paulus Warsono Broto di Kulon Progo, Kamis, mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) merupakan upaya pemanfaatan sumber energi baru dan terbarukan yang bersih dan ramah lingkungan, sebagai sumber energi listrik.

'PLTMH ini merupakan proyek pertama di Provinsi DIY, dan ada di Semawung. Ini satu hal yang membanggakan bagi Kulon Progo,' katanya.

Selain mendukung energi yang bersih, menurut dia, pembangunan PLTMH ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo, khususnya masyarakat sekitar lokasi PLTMH.

Ia mengatakan, rencananya energi yang dihasilkan PLTMH sebagian akan dijual ke PT PLN, dan sebagian diberikan kepada masyarakat di sekitar lokasi PLTMH itu.

'Selain sebagai penghasil energi listrik, PLTMH ini akan dijadikan fasilitas untuk wisata teknologi, serta sebagai tempat siswa dan masyarakat belajar tentang PLTMH,' katanya.

Ia memberikan apresiasi kepada Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo yang sangat peduli dan memikirkan rakyatnya, terutama rakyat kecil.

'Untuk pembangunan ini, bupati tidak meminta satu rupiah pun kepada kami. Bupati hanya berpesan agar apa yang dilakukan di Semawung ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,' katanya.

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo mengatakan pemkab terus berupaya menarik pengusaha untuk menanamkan modalnya di kabupaten ini.

Menurut dia, pemkab siap membatu dan memfasilitasi, dengan syarat perusahaan tersebut berkomitmen membantu mensejahterakan masyarakat sekitar.(ant/rd)

Ahok: Pelanggar Ganjil Genap Diberi Blangko Biru

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akrab dipanggil Ahok mengatakan penerapan kendaraan dengan nomor polisi ganjil genap bila ada yang melanggar langsung diberi blangko tilang warna biru.

Banyuwangi Siapkan Langkah Hadapi Tantangan Ekonomi 2017

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, menyiapkan sejumlah langkah untuk menghadapi kondisi ekonomi pada 2017 yang diprediksi bakal nbanyak menghadapi tantangan berat.

Kupang Terapkan Rekam KTP Elektronik 24 Jam

Pemerintah Kota Kupang segera menerapkan layanan perekaman identitas untuk pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik warga di wilayah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu 24 jam.

170 Ekor Sapi Ikuti Kontes Di Situbondo

Sebanyak 170 ekor sapi hasil inseminasi buatan mengikuti kontes ternak sapi yang digelar Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, guna mengetahui keberhasilan pada sektor peternakan.

Program 35.000 MW Diperkirakan Tidak Capai Target

Pengamat energi Universitas Gadjah Mada (UGM) Fahmy Radhi memperkirakan program pembangunan pembangkit listrik berdaya 35.