Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Batam Desain Ulang Drainase Induk

mendesain ulang drainase, air hujan

Posted on 03 Apr 2013. Hits : 568

Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau berencana mendesain ulang drainase induk kota tersebut karena dinilai sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan saat ini.

"Drainase dan gorong-gorong yang ada saat ini terlalu kecil, sehingga tidak mampu menampung banyaknya air hujan. Terutama kawasan perkotaans eperti Jodoh-Nagoya yang sudah sangat padat," kata Wakil Wali Kota Batam, Rudi di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, Detailed Engineering Design (DED) diharapkan akan selesai pada 2014 sehingga pada 2015 segera bisa dianggarkan pembangunannya.

"Untuk tahun 2014 belum bisa dianggarkan. tapi mulai 2015 akan coba dianggarkan jika DED-nya sudah selesai dibuat. Untuk mewujudkannya Pemerintah Kota Batam membutuhkan kerjasama dengan BP Batam," kata dia.

Rudi mengatakan, drainase dan gorong-gorong yang dibangun akan dimanfaatkan untuk jalur air dan sebagian lagi akan digunakan untuk kabel jaringan listrik dan kabel lain.

"Idealnya memang seperti itu. Hal tersebut sudah diterapkan pada kota-kota maju di luar negeri yang terbukti efektif mengatasi banjir," kata Rudi.

Rudi mengatakan, memang sulit untuk mendesain ulang drainase di wilayah yang sudah padat. Namun tetap harus diupayakan untuk mengatasi masalah banjir.

"Namun tetap harus diupayakan. Untuk wilayah yang akan dibangun, juga akan dibangun drainase yang sudah luas," kata dia.

Rudi juga meminta pada seluruh pengembang di Batam untuk memperhatikan besar drainase yang dibangun agar suatu saat tidak mengakibatkan banjir.(ant/rd)

Penjualan Hewan Kurban di Bangka Sepi

Penjualan hewan kurban di Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung masih sepi menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah.

Tujuh Kandidat Pasangan Bupati PDIP Ikuti Sekolah Partai

Tujuh pasangan kandidat bupati PDI Perjuangan Sulawesi Tenggara, mengikuti sekolah partai yang diselenggarakan oleh Dewan Pimpinan Pusat atau DPP PDI Perjuangan.

BPJS Ketenagakerjaan Kediri Giat Sosialisasi di Pasar

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kediri, Jawa Timur, giat menyelenggarakan sosialisasi program jaminan kepada para pedagang pasar.

Megawati: Pemimpin Tidak Selamanya Enak

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengingatkan para bakal calon kepala daerah bahwa menjadi pemimpin tidak selamanya enak.

Simbol Cinta Kota Bogor Akan Segera Dibngun

Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat akan membangun "landmark" atau simbol berupa hati (Love) sebagai simbol kecintaan warga terhadap kotanya.