Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru, Ciputra News

Pemkot Bukittinggi Tegur 38 Koperasi

surat teguran, rapat anggota tahunan

Posted on 04 Apr 2013. Hits : 255

Pemerintah Kota Bukittinggi akan memberi surat teguran kepada 38 koperasi setempat karena tak melakukan rapat anggota tahunan.

"Ke-38 koperasi yang akan diberi surat teguran itu sudah terdata," kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kota Bukittinggi, Gustav didampingi Kepala Bidang Koperasi Yetti Murni, Rabu.

Menurut dia, berdasarkan Undang-undang nomor 25 tahun 1992 setiap koperasi harus menggelar rapat anggota tahunan (RAT) minimal sekali dalam setahun.

"Paling lambat RAT dilakukan Maret 2013. Alasan 38 koperasi tidak melakukan RAT beragam salah satunya masalah pembukuan," kata dia.

Saat ini sebanyak 83 koperasi dari 101 koperasi yang ada di Bukittinggi tergolong koperasi aktif. Dari 83 koperasi aktif itu, hanya 45 koperasi yang telah melaksanakan RAT.

Menurut dia, kemungkinan 38 koperasi tidak melakukan RAT pada Maret tahun ini akan menggelar RAT pada Juni.

"Beberapa koperasi yang akan menggelar RAT pada Juni dipersilahkan. Lewat Juni koperasi tidak juga menggelar RAT terancam ditutup," kata dia.

Dari 101 koperasi, namun hanya 83 tergolong koperasi aktif. Sebanyak 18 koperasi tergolong tidak aktif, beberapa diataranya telah ada yang ditutup.

Keseluruhan koperasi di Bukittinggi bergerak di beberapa sektor seperti koperasi konsumen, koperasi simpan pinjam, koperasi produsen dan koperasi jasa.(ant/rd)

Wayan Sastra Wakili Indonesia Ikuti Program Kreasi Seni Budaya

I Wayan Sastra Kesuma (11), murid kelas IV sekolah dasar negeri (SDN 3) Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali mendapat kepercayaan mewakili Indonesia mengikuti Program Kreasi Pengalaman Karya Seni dan Budaya di Yokohama, Jepang selama dua hari, 27-28 Juli 2016.

91 Koperasi di Buleleng Dicabut Izinnya

Dinas Koperasi, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Buleleng, Bali, mencabut izin 91 koperasi di daerah itu karena mengalami berbagai masalah keuangan dan pengelolaan, tidak dapat menjalankan rapat anggota tahunan (RAT).

KPK Masih Kekurangan Penyidik

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Agus Rahardjo, menyatakan, sampai saat ini KPK masih sangat kekurangan penyidik untuk menangani kasus yang terjadi di Indonesia dan sampai saat ini KPK hanya memiliki 90 orang penyidik.

Sistem Online Diyakini Cegah Makam Fiktif

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menyakini praktek makam fiktif di Ibukota dapat dihilangkan dengan sistem online.

Ratusan Siswa Ikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional

Sebanyak 350 siswa dan 100 guru dari 31 provinsi di Indonesia mengikuti Perkemahan Ilmiah Remaja Nasional (PIRN) ke-15 di Bengkulu pada 24 hingga 31 Juli 2016 yang diadakan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu.