Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Pemkot Malang Sabet Adipura Kencana Karena Sampah

pemerintah kota malang, menyabet piala adipura kencana, mengelola sampah, nuzul nurcahyo

Posted on 08 Jun 2013. Hits : 232

Pemerintah Kota Malang, Jawa Timur, pada tahun ini menyabet Piala Adipura Kencana setelah pemkot setempat mengelola sampah melalui sejumlah program, seperti Bank Sampah Malang dan pemanfaatan gas metan untuk bahan bakar.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Malang Nuzul Nurcahyo, Sabtu, menjelaskan ada 13 kriteria yang menjadi penilaian Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) sehingga kota pendidikan itu meraih Adipura Kencana.

'Salah satu kriteria yang dinilai oleh KLH adalah pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supit Urang. Gas metan sampah di TPA tersebut dimanfaatkan untuk bahan bakar pengganti elpiji bagi warga sekitar,' ucapnya.

Pada tahun 1993, Pemkot Malang juga pernah menyabet Adipura Kencana. Namun, akhirnya lepas dan baru tahun ini bisa memboyong kembali Adipura Kencana tersebut ke Bumi Arema.

Kepastian disabetnya Piala ADipura Kencana bagi Kota Malang itu dituangkan dalam SK Menteri Lingkungan Hidup Nomor 192 Tahun 2013 tentang Penghargaan Adipura 2013.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang Wasto mengatakan bahwa Kota Malang memenuhi berbagai kriteria dan mendapat nilai yang relatif cukup bagus selama tahapan penilaian.

Salah satu penilaian yang menyedot perhatian tim penilai adalah keberadaan TPA Supit Urang yang mengolah gas metan menjadi bahan bakar elpiji bagi warga sekitar, Bank Sampah Malang (BSM), serta partisipasi kader lingkungan yang relatif cukup tinggi.

Selain itu, lanjutnya, layanan zona air minum prima (ZAMP) milik PDAM, kondisi pasar tradisional yang bersih, Ipal komunal di SMAN 10, terminal dan taman kota yang tertata rapi juga ikut mendongkrak penilaian Adipura Kencana.

'Partisipasi masyarakat juga menjadi penilaian tersendiri sehingga kembalinya Adipura Kencana ke Bumi Arema ini merupakan keberhasilan bersama, bukan hanya pemerintah,' tegasnya.(ant/rd)

Lemkapi Sampaikan Rasa Keprihatinan Mendalam Atas Tragedi Skytruck

Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyampaikan rasa keprihatinan dan duka yang mendalam atas musibah pesawat milik Polri yang menewaskan belasan anggota Polri saat melaksanakan tugas di Kepulauan Riau.

Sanusi Akui Minta Dibayari Apartemen dan Mobil

Mantan Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Mohamad Sanusi mengakui bahwa ia meminta rekannya Direktur Utama PT Wirabayu Pratama Danu Wira dan Hendrikus Kangean membayari apartemen dan mobilnya.

Polri: Kotak Hitam Pesawat Skytruck Masih Dicari

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan kotak hitam atau "black box" pesawat Polri M-28 Skytruck dengan nomor registrasi P-4201 yang jatuh di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau masih dicari.

Djarot Penuhi Panggilan Polda Metro Jaya

Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif Djarot Saiful Hidayat memenuhi panggilan penyidik Polda Metro Jaya guna menjadi saksi terkait laporan penghadangan kampanye di Petamburan Jakarta Pusat.

Menyibak Peninggalan Majapahit di Candi Risan

Gunungkidul daerah yang terkenal dengan kekayaan alamnya, di sana juga juga menyimpan wisata budaya berupa situs arkeologi.