Situs Berita, Berita Terkini, Portal Berita, Berita Terhangat, Berita Terbaru

Samarinda Gelar Bimtek SOP

standar operasional prosedur, burhanuddin, administrasi pemerintahan dapat berjalan

Posted on 07 May 2013. Hits : 247

Pemerintah Kota Samarinda, Kalimantan Timur menggelar bimbingan teknis (bimtek) tentang standar operasional prosedur (SOP).

Asisten IV Bidang Adminsitrasi dan Umum Sekretariat Kota Samarinda, Burhanuddin, Selasamenyatakan, pelaksanaan Bimtek ini sendiri mengacu pada Permen PAN dan Reformasi Birokrasi Nomer 35 tahun 2012 tentang pedoman penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

Dengan adanya standar operasi prosedur maka tentunya penyelenggaraan administrasi pemerintahan dapat berjalan dengan pasti serta untuk menghindari segala bentuk penyimpangan.

Kalaupun terjadi penyimpangan, pastinya ditemukan penyebabnya dan bisa diselesaikan dengan cara yang tepat, ujar Burhanuddin.

Bimbingab teknis tersebut diikuti sedikitnya 55 peserta terdiri dari perwakilan RSUD IA Moeis, PDAM, unsur kecamatan, kelurahan, puskesmas, badan pelayanan perizinan serta beberapa staf sekretariat Kota Samarinda.

"Jika semua kegiatan sudah sesuai dengan yang ditetapkan SOP, maka secara bertahap kualitas pelayanan publik akan lebih profesional, cepat dan mudah. Bimtek seperti ini penting diberikan kepada pegawai di lingkup pemerintah untuk memberikan bekal pengetahuan dan wawasan kepada SKPD layanan publik," katanya. "Terutama untuk memberikan pedoman bagi seluruh SKPD dalam mengidentifikasi, merumuskan, menyusun mengembangkan dan mengevaluasi SOP administrasi pemerintah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dilaksanakan," ungkap Burhanuddin.

Sementara, Kepala PKP2A III LAN Meliana, yang menjadi salah seorang nara sumber pada Bimtek SOP itu menyampaikan harapannya agar semua instansi baik pusat maupun daerah untuk segera menyusun SOP dengan berpedoman pada Permen PAN tersebut.

"Dalam hal ini mau tidak mau setiap SKPD harus melakukannya," Kata Meliana.(ant/rd)

Depot Baubau Dijadikan Penampungan BBM Avtur

Depot Pertamina Kota Baubau Sulawesi Tenggara akan dijadikan sebagai tempat untuk menampung bahan bakar minyak (BBM) pesawat terbang jenis avtur.

Ayah Ajak Anak Dunuh Diri Mulai Diadili

David Nugroho, seorang ayah yang mengajak bunuh diri dua anaknya mulai diadili di Pengadilan Negeri Semarang, Jawa Tengah, Selasa.

18.161 Personel Gabungan Dikerahkan Jaga Raja Salman

TNI-Polri mengerahkan 18.161 personel untuk mengamankan kunjungan kenegaraan Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al Saud pada 1 Maret - 9 Maret 2017 dan Pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Indian Ocean Rim Association (IORA) ke-20 tahun 2017 pada 6-7 Maret 2017 di Indonesia.

BPS Ingatkan Pemerintah Berhenti Mencari Data Sempurna

Badan Pusat Statistik mengingatkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah untuk berhenti mencari data statistik yang sempurna dan lebih baik dalam membuat keputusan atau kebijakan sesuai fakta di lapangan.

Persatuan Becak Motor Tunggu Desain Prototipe

Persatuan Becak Motor Yogyakarta masih menunggu desain prototipe becak motor yang pernah ditawarkan akan dibuatkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta sehingga memenuhi standar kelaikan dan keamanan serta aspek legalitas.